Muliandini, Mareta (2008) Strategi manajemen produksi program magazine laptop si unyil di trans 7 dlm memberikan tayangan yang bersifat edukatif. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Bagi sebuah stasiun pertelevisian, program acara merupakan hal terpenting bagi kelangsungan hidup. Berbagai jenis program-pun ditawarkan kepada khalayak luas, salah satunya adalah program Magazine yang lebih dikenal dengan majalah udara. Layaknya sebuah majalah, program Magazine menyuguhkan berbagai macam jenis tayangan. Salah satu program Magazine yang di produksi dan ditayangankan pada stasiun televisi Trans|7 adalah Laptop Si Unyil. Tayangan ini mempunyai misi memberikan sebuah tayangan yang sehat dan mendidik untuk anak dengan menitik beratkan pada tema Science dan Teknologi. Boneka Si Unyil yang telah populer pada tahun 80-an hadir kembali dengan format yang berbeda. Program yang hadir setiap hari Senin hingga Jumat pukul 13.00 WIB ini menghadirkan boneka Si Unyil sebagai Host yang mengamati dan bercerita secara bertutur kepada pemirsa mengenai apa yang sedang ia lihat. Dengan menggunakan Laptop pintar, boneka Si Unyil menjelaskan kepada penonton tentang sesuatu hal yang berhubungan dengan science dan teknologi secara mudah dan sederhana. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah memaparkan bagaimana strategi manajemen produksi yang dilakukan pada program magazine Laptop Si Unyil di Trans|7 dalam memberikan tayangan yang bersifat edukatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian dengan menyimpulkan hasil wawancara mendalam (indepth interview) kepada para narasumber yaitu Produser, Ass. Produser, Reporter, Camera Person, Editor, dan pengisi suara boneka. Penelitian ini juga disertai dengan pengamatan langsung dilapangan dan lokasi kerja para narasumber. Selain itu, untuk keabsahaan penelitian peneliti juga mewawancarai praktisi broadcast dan masyarakat yang terdiri dari anak usia 7-10 tahun dan orang tua sang anak untuk memberikan pendapat dan pandangan tentang tayangan Laptop Si Unyil. Strategi Manajemen Produksi program Laptop Si Unyil adalah tetap konsisten dalam memberikan tayangan anak yang sehat dan mendidik secara sistematis dan atraktif. Tayangan anak dengan format magazine yang dimiliki oleh Laptop Si Unyil adalah tayangan yang bersifat edukatif dan menghibur.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/JR. 08 126 |
Call Number: | SK/08/140 |
NIM/NIDN Creators: | 4410401-041 |
Uncontrolled Keywords: | manajemen produksi, program magazine, laptop si unyil, trans 7 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 09 Jan 2009 10:55 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 05:09 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28891 |
Actions (login required)
View Item |