Pengaruh iklan testimonial di media televisi thd minat beli khalayak

Suwanih, (2008) Pengaruh iklan testimonial di media televisi thd minat beli khalayak. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini dilatar belakangi makin maraknya iklan yang muncul di televisi dengan pendekatan Testimonial. Format iklan testimonial memang berbeda karena iklan dengan format testimonial memiliki kekuatan utama pada kesaksian model iklan terhadap produk yang diiklankan. Konsep iklan berbentuk testimonial sangat meng-involve konsumen sehingga mereka bisa menghubungkan apa yang mereka alami sendiri dengan apa yang ada di iklan. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari iklan yang berbentuk testimonial di televisi dengan menggunakan Testimonials by Ordinary People terhadap minat beli khlayak (Survey Terhadap Iklan Shampo Dove Anti-Dandruff Versi “Yoga Mira”). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah S-O-R yaitu Stimulus, Organisme, dan Response yang dikembangkan oleh De Fleur. Teori ini menjelaskan bahwa efek merupakan reaksi tertentu terhadap stimulus (rangsangan) tertentu. Untuk mengetahui pandangan atau penilaian responden terhadap spoke person (model iklan) dalam iklan shampo Dove Anti-Dandruff versi “Yoga Mira” tercermin secara lengkap pada Model Dimensi Sumber Dalam Periklanan yang terdiri dari dua dimensi yaitu dimensi kognitif seperti power, prestige, competence / expertise dan dimensi afektif seperti trustworthiness, attractiveness dan dynamism. Selanjutnya teori AIDCA digunakan untuk melihat bagaimana pengaruh iklan testimonial terhadap minat beli khalayak. Sifat penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan metode yang digunakan adalah metode survey dengan tehnik purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 64 responden yang didapat dengan mengambil 10% dari total populasi yang berjumlah 639 orang di lingkungan RW 07 Kelurahan Angke Jakarta Barat. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa iklan testimonial shampo Dove Anti-Dandruff versi “Yoga Mira’ menggunakan Testimonials by Ordinary People dengan minat beli terdapat pengaruh yang positif terhadap spoke person yang ditampilkan sehinggga dapat menimbulkan minat beli pada diri responden yang tentunya juga akan meningkatan penjualan produk itu sendiri.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 031
Call Number: SK/08/133
NIM/NIDN Creators: 04303-079
Uncontrolled Keywords: iklan testimonial, media televisi, minat beli khalayak
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 07 Jan 2009 11:03
Last Modified: 05 Jun 2017 07:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28836

Actions (login required)

View Item View Item