Strategi program made in indonesia di global tv dlm mengakomodasi band lokal

Zamrobi, Wayli (2008) Strategi program made in indonesia di global tv dlm mengakomodasi band lokal. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Persaingan televisi yang semakin ketat menuntut setiap televisi untuk manyajikan program yang terbaik. Pada tahun 2007 Grobal TV membuat sebuah Program yang berani menentang faktor sosial dan faktor komersial yang selama ini menjadi tujuan dari industri telavisi. Program terbaru Global TV ini merupakan Variety show yang berbasis kepada genre musik. Made In Indonesia, yang dalam tiap minggunya menampilkan karya-karya musisi-musisi muda berbakat yang belum terangkat namanya, juga mengajak pemirsa untuk melihat sisi lain dari perjuangan sebuah band dalam menembus industri musik.Berdasarkan alasan tersebut penulis ingin mengetahui lebih jauh mengenai strategi program Made In Indonesia dalam mengkomodifikasikan band Lokal Di Global TV. Strategi pada hakikatnya adalah merencanakan dan manajemen untk mencapai suatu tujuan. Akan tetapi, untuk mencapai suatu tujuan tersebut, strategi tidak berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukan arah jalan saja, melainkan harus mampu menunjukan bagaimana taktik personalnya. Maka strategi program televisi adalah perencanaan dan manajemen untuk mendapatkan sebanyak mungkin penonton. Commodification yaitu proses mengubah nilai pakai menjadi nilai tukar, Fokus proses komunikasi komodifikasi (commodification) terbagi menjadi 3 yaitu Komodifikasi isi media,Komoditas Audiens,Komodifikasi Media. Dalam kajian akan lebih difokuskan pada tiga proses komunikasi komodifikasi. Hal ini disebabkan didalam institusi media ada kencenderungan untuk lebih menekankan pada kreativitas individu-individu pekerja dalam proses produksi, distribusi, dsb. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara secara mendalam (indepth interview) dengan beberapa narasumber yang terkait lengsung dengan program Made In Indonesia, diantaranya Eksekutif Producer, Creative, dan Band yang tampil di Program Made In Indonesia. Hasil penelitian memberikan gambaran Strategi Program yang dipakai tim program Made In Indonesia untuk mengkomodifikasi band-band baru yang ada di Global TV yaitu manggunakan strategi pendahulan yang kuat (strong lead-in). Pada tahapan untuk mengkomdifikasi band tim Made In In Indonesia malakukkan Strategi perencanaan dan pola penyiaran yang dilakukan stasiun terkait dalam memberikan kesempatan pada program Made In Indonesia. Strategi program dalam menentukan Target Audiens, Strategi dalam menentukan sasaran (objectives) yang di kehendaki, Strategi Program dalam proses penentuan format Program (Kemasan, Content, format penyajian, teknik pengambilan gambar, editing gambar, ilustrasi musik, Frekuensi penayangan).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 095
Call Number: SK/08/120
NIM/NIDN Creators: 04103-051
Uncontrolled Keywords: Strategi program, made in indonesia, global tv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 06 Jan 2009 16:16
Last Modified: 05 Jun 2017 04:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28794

Actions (login required)

View Item View Item