Prabowo, Hari (2008) Analisa pengaruh motivasi kerja dan kepuasan pelanggan thd prestasi kerja pegawai di Biro organisasi dan kepegawaian Depnakertrans RI. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
Abstract
ABSTRAK Pada dasarnya Manajenen Sumber Daya Manusia adalah bagian dari manajemen, karena itu teori – teori manajemen umum menjadi pembahasannya, mengenai peranan manusia dalam mewujudkan tujuan yang optimal. Jelasnya Manajenen Sumber Daya Manusia merupakan suatu bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan. Karena peranan sumber daya manusia ini sangat penting, maka sudah sepantasnya organisasi memberikan perhatian yang besar terhadap para sumber daya manusianya, agar mereka berkarya dan berprestasi dengan baik, yang pada akhirnya menentukan keberhasilan organisasi untuk mencapai hasil yang optimal dalam mencapai tujuannya. Melihat sangat pentingnya motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap prestasi kerja pegawai, maka penulis tertarik untuk membahas masalah ini dalam Tugas Akhir. Adapun metode penelitian dalam penelitian ini adalah : Metode penarikan sampel yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode penarikan sampel acak sederhana. dengan populasi 71 orang pegawai dengan taraf kesalahan 10% jumlah s (sampel) yang akan menjadi responden dari penelitian ini ditetapkan 59 orang pegawai Adapun menurut jenis datanya penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. metode pengumpulan data yang digunakan melalui metode kuesioner. Adapun untuk analisis data guna memperoleh hasil dan kesimpulan dari pembahasan, yaitu dengan menggunakan perhitungan regresi linier berganda dan Adapun pengujian yang dipakai adalah : uji signifikasi regresi atau uji (F), uji koefisien determinasi atau uji (R2), dan uji koefisien korelasi parsial atau uji (t). Adapun hasil dan analisis penelitian adalah dari karakteristik responden dilihat dari kategori jenis kelamin yang terbanyak dari 59 pegawai Biro Organisasi dan Kepegawaian Departemen Tenaga Kerja dan Transmgrasi yang menempati urutan pertama adalah Pegawai berjenis kelamin laki-laki dengan jumlah responden 32 orang atau 54.24 %. selanjutnya dari kategori umur adalah Pegawai berusia > 40 tahun ( lebih dari 40 tahun ) dengan perolehan sebanyak 34 Orang atau 57.63 %. dan dari kategori pendidikan adalah Pegawai berpendidikan Sarjana (S1/S2/S3) dengan perolehan sebanyak 42 Orang atau 71.19 %. dan hasil dari pengolahan data, maka diperoleh : Persamaan regresi linear berganda adalah sebagai berikut Y = 9.83329413108387+ 0.291271480209021 X1 + 0.395483406953311 X2. untuk uji (F) maka diperoleh F hitung = 20,401 > F tabel = 3,15. untuk uji R koefisien determinasi sebesar 0,421. untuk uji (t) koefisien korelasi parsial, variabel motivasi (X1) mempunyai nilai t hitung 2.23827416768009 > t table 2.000. untuk uji (t) koefisien korelasi parsial, Variabel kepuasan (X2) mempunyai nilai t hitung 4.43704235850910 > t table 2.000. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dari proses perhitungan yang telah ditetapkan, dengan hasil-hasil yang telah diketahui dalam penelitian, maka dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut : 1. Persamaan regresi linear berganda adalah sebagai berikut : Y = 9.83329413108387 + 0.291271480209021 X1 + 0.395483406953311 X2. 2. Variabel Motivasi kerja (X1), dan Kepuasan kerja (X2) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap terhadap prestasi kerja (Y) Pegawai Biro Organisasi dan Kepegawaian Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi R.I sebesar F hitung = 20,401 > F tabel = 3,15. 3. Berdasarkan hasil dari perhitungan koefisien determinasi berganda maka diperoleh nilai R koefisien determinasi sebesar 0,421 dalam hal ini variable Motivasi kerja (X1), dan Kepuasan kerja (X2) mempunyai pengaruh 42 % terhadap prestasi kerja sedangkan sisanya dipengaruhi oleh hal lain. 4. Berdasarkan hasil dari perhitungan koefisien korelasi parsial, bahwa variabel motivasi (X1) mempunyai nilai t hitung 2.23827416768009 > t table 2.000. Berdasarkan hasil pengujian tersebut berarti bahwa motivasi (X1) secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja pegawai (Y). 5. Berdasarkan hasil dari perhitungan koefisien korelasi parsial, bahwa Variabel kepuasan (X2) mempunyai nilai t hitung 4.43704235850910 > t table 2.000. Berdasarkan hasil pengujian tersebut berarti bahwa kepuasan (X2) secara parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja pegawai (Y).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/IND. 08 070 |
Call Number: | STI/08/183 |
NIM/NIDN Creators: | 01603-028 |
Uncontrolled Keywords: | motivasi kerja, kepuasan pelanggan, prestasi kerja pegawai, Biro organisasi dan kepegawaian Depnaker |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 06 Jan 2009 12:48 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 03:06 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28761 |
Actions (login required)
View Item |