Penafsiran tanda dan lambang dalam iklan televisi es krim paddle pop cyberian oleh anak-anak

Shahab, Ahmad Mahdi (2008) Penafsiran tanda dan lambang dalam iklan televisi es krim paddle pop cyberian oleh anak-anak. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Unsur-unsuryangmempengaruhitersampaikannyapesankepadaanak-anakdenganberbagaikekuranganyangdimilikiolehiklansangatberanekaragam,salahsatunyaadalahperandaritandadanlambangyangmunculdalamiklantersebut.Iklanuntuanak-anakjugatidakterlepasdaripenggunaantandadanlambang,namunmerekamemaknaitandadanlambangtersebutberdasarkanreferensimerekamasing-masingyangberbedasumbernya,sejauhapamerekabisamemaknaitandadanlambangdalamiklantelevisiyangditujukanuntukmerekalangsung. Simbolatautandadanlambangdalamsatubentukiklanmemilikihubunganasosiatifdengangagasanataureferensisertareferenatauduniaacuan.SebagaimanadalamwawasanPeirce,hubunganketigabutirtersebutbersifatkonvensional,teoriinilahyangpenulisgunakandalampenelitianini. Metodepenelitianyangpenulisgunakanadalahmetodekualitatif,yangmenitikberatkanpadatandadanlambangyangmunculdalamiklantersebut,danbagaimanamereka(anak-anak)menangkapdanmemaknaitanda-tandayangmunculdalamiklantersebut.Sifatnyaadalahdeskriptif,karenapenelitianjenisadalahinipenelitianyangbertujuanuntukmembuatdeskripsisecarasistematis,faktualdanakuratmengenaifakta-faktadansifat-sifatdaripopulasi(obyek)penelitiannya,yaknianak-anak. Ternyataanak-anakcukupmampumenangkapdanmemaknaitandabesertalambangyangmunculdalamiklantelevisiprodukeskrimPaddlePopCyberion.Hanyasajabanyaknyapetandayangmunculkadangmembuatmerekabingung,karenasemuatandatersebutmemilikisatutujuanygsama,yaitumemberikanpenekananmaknaterhadap’sesuatu’.Tandadanlambangyangakandimunculkandalamsuatuiklansebaiknyatidakterlalubanyakkarenasifattandadanlambangyangmunculdalamiklanituhayalahsebagaipendukungyangbertugasuntukmembantumengantarkanpesankepadatargetaudiencenya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 048
Call Number: SK/08/103
NIM/NIDN Creators: 04303-093
Uncontrolled Keywords: Penafsiran tanda dan lambang, iklan televisi, es krim paddle pop cyberian, anak-anak
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 05 Jan 2009 16:13
Last Modified: 05 Jun 2017 05:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28696

Actions (login required)

View Item View Item