Shahab, Ahmad Mahdi (2008) Penafsiran tanda dan lambang dalam iklan televisi es krim paddle pop cyberian oleh anak-anak. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAK Unsur-unsuryangmempengaruhitersampaikannyapesankepadaanak-anakdenganberbagaikekuranganyangdimilikiolehiklansangatberanekaragam,salahsatunyaadalahperandaritandadanlambangyangmunculdalamiklantersebut.Iklanuntuanak-anakjugatidakterlepasdaripenggunaantandadanlambang,namunmerekamemaknaitandadanlambangtersebutberdasarkanreferensimerekamasing-masingyangberbedasumbernya,sejauhapamerekabisamemaknaitandadanlambangdalamiklantelevisiyangditujukanuntukmerekalangsung. Simbolatautandadanlambangdalamsatubentukiklanmemilikihubunganasosiatifdengangagasanataureferensisertareferenatauduniaacuan.SebagaimanadalamwawasanPeirce,hubunganketigabutirtersebutbersifatkonvensional,teoriinilahyangpenulisgunakandalampenelitianini. Metodepenelitianyangpenulisgunakanadalahmetodekualitatif,yangmenitikberatkanpadatandadanlambangyangmunculdalamiklantersebut,danbagaimanamereka(anak-anak)menangkapdanmemaknaitanda-tandayangmunculdalamiklantersebut.Sifatnyaadalahdeskriptif,karenapenelitianjenisadalahinipenelitianyangbertujuanuntukmembuatdeskripsisecarasistematis,faktualdanakuratmengenaifakta-faktadansifat-sifatdaripopulasi(obyek)penelitiannya,yaknianak-anak. Ternyataanak-anakcukupmampumenangkapdanmemaknaitandabesertalambangyangmunculdalamiklantelevisiprodukeskrimPaddlePopCyberion.Hanyasajabanyaknyapetandayangmunculkadangmembuatmerekabingung,karenasemuatandatersebutmemilikisatutujuanygsama,yaitumemberikanpenekananmaknaterhadap’sesuatu’.Tandadanlambangyangakandimunculkandalamsuatuiklansebaiknyatidakterlalubanyakkarenasifattandadanlambangyangmunculdalamiklanituhayalahsebagaipendukungyangbertugasuntukmembantumengantarkanpesankepadatargetaudiencenya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/IKL. 08 048 |
Call Number: | SK/08/103 |
NIM/NIDN Creators: | 04303-093 |
Uncontrolled Keywords: | Penafsiran tanda dan lambang, iklan televisi, es krim paddle pop cyberian, anak-anak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 05 Jan 2009 16:13 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 05:22 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28696 |
Actions (login required)
View Item |