SHAHAB, AHMAD MAHDI (2008) PENAFSIRAN TANDA DAN LAMBANG DALAM IKLAN TELEVISI ES KRIM PADDLE POP CYBERION OLEH ANAK-ANAK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
![]() |
Text (TUGAS AKHIR FULL)
04303-093 Ahmad Mahdi Shahab.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Unsur-unsuryangmempengaruhitersampaikannyapesankepadaanak-anakdenganberbagaikekuranganyangdimilikiolehiklansangatberanekaragam,salahsatunyaadalahperandaritandadanlambangyangmunculdalamiklantersebut.Iklanuntuanak-anakjugatidakterlepasdaripenggunaantandadanlambang,namunmerekamemaknaitandadanlambangtersebutberdasarkanreferensimerekamasing-masingyangberbedasumbernya,sejauhapamerekabisamemaknaitandadanlambangdalamiklantelevisiyangditujukanuntukmerekalangsung. Simbolatautandadanlambangdalamsatubentukiklanmemilikihubunganasosiatifdengangagasanataureferensisertareferenatauduniaacuan.SebagaimanadalamwawasanPeirce,hubunganketigabutirtersebutbersifatkonvensional,teoriinilahyangpenulisgunakandalampenelitianini. Metodepenelitianyangpenulisgunakanadalahmetodekualitatif,yangmenitikberatkanpadatandadanlambangyangmunculdalamiklantersebut,danbagaimanamereka(anak-anak)menangkapdanmemaknaitanda-tandayangmunculdalamiklantersebut.Sifatnyaadalahdeskriptif,karenapenelitianjenisadalahinipenelitianyangbertujuanuntukmembuatdeskripsisecarasistematis,faktualdanakuratmengenaifakta-faktadansifat-sifatdaripopulasi(obyek)penelitiannya,yaknianak-anak. Ternyataanak-anakcukupmampumenangkapdanmemaknaitandabesertalambangyangmunculdalamiklantelevisiprodukeskrimPaddlePopCyberion.Hanyasajabanyaknyapetandayangmunculkadangmembuatmerekabingung,karenasemuatandatersebutmemilikisatutujuanygsama,yaitumemberikanpenekananmaknaterhadap’sesuatu’.Tandadanlambangyangakandimunculkandalamsuatuiklansebaiknyatidakterlalubanyakkarenasifattandadanlambangyangmunculdalamiklanituhayalahsebagaipendukungyangbertugasuntukmembantumengantarkanpesankepadatargetaudiencenya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/IKL. 08 048 |
Call Number: | SK/08/103 |
NIM/NIDN Creators: | 04303-093 |
Uncontrolled Keywords: | Penafsiran tanda dan lambang, iklan televisi, es krim paddle pop cyberian, anak-anak |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 05 Jan 2009 16:13 |
Last Modified: | 12 Apr 2025 02:04 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28696 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |