Fransisca, Marcalais (2008) Destination branding : memasarkan Bali sbg brand destinasi dgn integrated branding strategy. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Penelitian ini membahas mengenai formulasi strategi brand terintegrasi untuk menjadikan Bali sebagai brand destinasi. Bab I menjelaskan tentang latar belakang masalah yang dibahas dalam penelitian ini. Bali telah berkali-kali dinobatkan menjadi daerah tujuan wisata terbaik di dunia oleh berbagai badan, tetapi semua itu terjadi seolah-olah terjadi karena kebetulan. Sementara daerah lain di Asia Tenggara makin gencar melakukan promosi pariwisata dengan konsisten dan komprehensif. Dengan penelitian ini diharapkan agar dapat dihasilkan suatu strategi brand yang terarah yang dapat diterapkan untuk mengembangkan brand destinasi Bali. Penelitian ini juga diharapkan untuk dapat memberikan pengayaan terhadap perkembangan ilmu komunikasi pemasaran, khususnya yang berkaitan dengan pengelolaan brand, dan lebih spesifik lagi berkenaan dengan pengelolaan brand destinasi. Kerangka pemikiran yang menjadi dasar dalam penelitian bersumber dari teori tentang branding. Agar tidak menjadi komoditas, sebuah produk harus memiliki brand yang dapat membedakan dirinya dengan produk lain dan mempertahankan kemampuan kompetisinya di pasar, karena persepsi mengenai sebuah brand itulah yang akan menjadi pertimbangan konsumen dalam memutuskan konsumsi terhadap produk tersebut diantara berbagai produk serupa. Dalam perkembangannya, prinsip-prinsip branding diterapkan pula pada berbagai hal, termasuk ide, tempat bahkan figur manusia. Pengelolaan brand secara umum terdiri dari beberapa tahap yaitu penentuan positioning, penentuan core value brand dan penyusunan strategi brand. Penelitian ini bersifat deskriptif eksploratif dengan tipe kualitatif dan menggunakan metode case study. Data yang dianalisa untuk sebagai dasar x penyusunan strategi diatas berasal dari hasil riset kualitatif dan kuantitatif yang sudah dilakukan oleh Pixel Research untuk menggali beberapa key indicators di Bali. Penulis juga melakukan in-depth interview terhadap narasumber dari Octobrand, Pixel Research dan Dinas Pariwisata Bali yang terlibat dalam penyusunan branding Bali. Ada beberapa key indicators yang digunakan sebagai dasar penyusunan strategi brand Bali. Antara lain dengan megidentifikasi target market dan kompetisi untuk menentukan positioning Bali. Setelah positioning Bali ditemukan, kemudian dirumuskan pula strategi komunikasi yang sesuai dengan positioning tersebut, yang sesuai dengan tujuan branding Bali. Hasil dari penelitian ini adalah suatu formula strategi branding berupa positioning statement bagi brand Bali, cetak biru brand dan rekomendasi strategi komunikasi pemasaran untuk memasarkan brand Bali.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/IKL. 08 046 |
Call Number: | SK/08/101 |
NIM/NIDN Creators: | 4430411-007 |
Uncontrolled Keywords: | memasarkan Bali, brand destinasi, integrated branding strategy |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 05 Jan 2009 16:06 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 05:01 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28694 |
Actions (login required)
View Item |