Persepsi siswa SMA Menggala thd endoser deddy miswar pada iklan sepeda motor yamaha

Tarmizi, (2008) Persepsi siswa SMA Menggala thd endoser deddy miswar pada iklan sepeda motor yamaha. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Penilaian seseorang terhadap suatu objek akan tergantung sekali dengan persepsi orang tersebut terhadap objek yang dipersepsikan Dalam menyampaikan pesannya dari produsen ke konsumen. Tentu tidak mudah bagi produsen sepeda motor Yamaha untuk menyampaikan pesannya kepada konsumen. Perlu cara-cara yang jitu dalam menyampaikan pesan agar pesan tersebut efektif. Salah satu cara atau strategi kreatif yang digunakan produsen Yamaha dalam iklan adalah dengan penggunaan selebritis Deddy Mizwar sebagai endorser iklan sepeda motor Yamaha. Penulis ingin mengetahui persepsi khalayak dari tahap perhatian, penafsiran dan pengetahuan. Teori yang digunakan yaitu teori dari Jalaluddin Rakhmat yang mengatakan proses persepsi terdiri dari attention, interpretation, dan kognition. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, yaitu dengan menggunakan kuesioner sebagai sumber data primer. Sifat penelitiannya adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah sampel acak sederhana. Populasi yang diteliti adalah siswa SMA Manggala Ciledug Tangerang yang berjumlah 750 orang yang menjadi target audience dari sepeda motor Yamaha. Sedangkan sampel yang diambil berjumlah 88 orang yang dianggap mewakili populasi. Hasil penelitian pada tahap perhatian responden terbanyak menaruh perhatian tinggi terhadap endorser Deddy Mizwar pada iklan sepeda motor Yamaha. Persepsi khalayak cukup positif, maka dapat disimpulkan bahwa iklan Yamaha yang diperankan oleh Deddy Mizwar cukup efektif. Pada tahap penafsiran responden terbanyak memberikan tafsiran yang juga baik terhadap Deddy Mizwar. Responden menganggap Deddy Mizwar memiliki personality yang baik dalam peranannya sebagai endorser Yamaha. Kemudian pada tahap pengetahuan mayoritas responden juga memiliki pengetahuan yang cukup tinggi terhadap endorser Deddy Mizwar. Sehingga responden menilai Deddy Mizwar cocok sebagai bintang iklan Yamaha. Selain itu kredibilitas Deddy Mizwar sebagai selebriti juga dianggap baik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 061
Call Number: SK/08/092
NIM/NIDN Creators: 04300-068
Uncontrolled Keywords: Persepsi siswa SMA, endoser deddy miswar, iklan sepeda motor yamaha
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Jan 2009 18:26
Last Modified: 05 Jun 2017 05:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28645

Actions (login required)

View Item View Item