Respon khalayak thd iklan Im3 versi poin plus-plus di stasiun televisi swasta (Studi deskriptif thd warga kelurahan pondok kopi)

Remina, Yovanny (2008) Respon khalayak thd iklan Im3 versi poin plus-plus di stasiun televisi swasta (Studi deskriptif thd warga kelurahan pondok kopi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketatnya persaingan antar operator telepon selular. Hal ini mengakibatkan berlomba - lombanya operator telepon selular untuk membuat produk dan mempromosikannya. Indosat sebagai salah satu operator telepon selular dengan produk IM3 berupaya untuk menarik khalayak menggunakan produk IM3. Hal yang menarik untuk dikaji, apakah iklan IM3 versi “Poin Plus Plus” yang menonjolkan manfaat – manfaat layanan IM3 direspon oleh khalayak. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar respon khalayak pada tahapan kognitif dan afektif terhadap iklan IM3. Penelitian ini mendasarkan pada formula Laswell yang mengkaitkan periklanan sebagai proses komunikasi. Selain itu, efek periklanan digunakan sebagai acuan untuk mengetahui respon khalayak terhadap iklan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dimana penelitiannya bersifat deskriptif dan melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah warga kelurahan Pondok Kopi, RT/RW 008/05 yang pernah menonton iklan IM3 versi “Poin Plus Plus”. Sedangkan penarikan sampel menggunakan teknik cluster sampling yang pada tahap terakhir, seluruh cluster dipilih menjadi responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada responden yang terpilih. Hasil penelitian menunjukkan respon kognitif khalayak termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 74,3%. Hal ini terlihat responden yang sebagian besar mengetahui unsur – unsur iklan (endoser, slogan, logo, isi pesan, manfaat produk dan produsen) IM3. Demikian pula respon afektif khalayak termasuk dalam kategori tinggi yaitu sebanyak 77,1%. Hal ini dapat terlihat dari sebagian besar respon yang menganggap menarik unsur – unsur iklan (endoser, logo, slogan, alur cerita dan isi pesan) IM3 tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 062
Call Number: SK/08/091
NIM/NIDN Creators: 4430411-076
Uncontrolled Keywords: Respon khalayak, iklan Im3 versi poin plus-plus, stasiun televisi swasta, Studi deskriptif thd warga
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 02 Jan 2009 18:24
Last Modified: 04 Jun 2017 04:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28644

Actions (login required)

View Item View Item