Respon khalayak thd kemasan sampoerna A Mild 12 versi jawara creatips

P, Kristianto (2008) Respon khalayak thd kemasan sampoerna A Mild 12 versi jawara creatips. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Kristianto P (04301-057) Respon Khalayak Terhadap Kemasan Sampoerna A Mild 12 Versi Jawara Creatips xi + 65 halaman ; 3 lampiran Bibliografi : 26 Acuan (1978-2004) Kemasan selain berfungsi sebagai pelindung atau wadah suatu produk juga berfungsi sebagai penarik konsumen. Konsep fungsional kemasan menjadi bagian penting yang harus menjadi daya tarik untuk konsumen. Kemasan dapat dijadikan penentu selain kualitas, harga dan manfaat produk yang dipasarkan. Salah satu kemasan baru produk di pasaran yang diharapkan menarik bagi khalayak terutama khalayak pengguna produk tersebut adalah kemasan baru spesial edition Jawara Creatips dari produk rokok Sampoerna A Mild 12 yang merupakan produk dari PT H.M Sampoerna. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana respon khalayak terhadap kemasan Sampoerna A mild 12 versi Jawara Creatips. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui respon khalayak terhadap kemasan Sampoerna A mild 12 versi Jawara Creatips. Konsep yang digunakan mengacu pada konsep proses komunikasi periklanan yang digolongkan ke dalam dimensi dasar dari respon yang dikeluarkan oleh Astrid S. Susanto yang dalam penelitian ini hanya pada tahap kognitif dan afektif yakni tahap pengetahuan, perhatian dan penilaian khalayak Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan tipe penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan tehnik penarikan sampel adalah non-probability sampling dan rancangan samplingnya adalah menggunakan sampel purposif dengan penghitungan menggunakan rumus Yamane yang didapatkan 94 responden, yang sebelumnya telah ditentukan berdasarkan populasi yang ada yakni khalayak warga Rw 03 Perum I Tangerang. Dari hasil penelitian pada instrumen-instrumen di atas akhirnya diperoleh hasil respon kognitif dan afektif secara keseluruhan yaitu bahwa responden yang mengetahui, memperhatikan, menilai memilih unsur-unsur yang terdapat dalam tampilan kemasan Sampoerna A mild 12 versi Jawara Creatips, dikategorikan tinggi. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar dari jumlah responden yang diteliti menginterprestasikan unsur-unsur tampilan kemasan Sampoerna A mild 12 versi Jawara Creatips tersebut dengan pilihan jawaban mengetahui, memperhatikan, dan penilaian. Jadi dapat disimpulkan bahwa kemasan Sampoerna A mild 12 versi Jawara Creatips dapat mempengaruhi sikap kognitif dan afektif khalayak yang melihatnya setelah dipenuhinya semua kelayakan dari unsur kemasan secara visual yang meliputi warna, bentuk, ilustrasi, tipografi, dan tata letak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 037
Call Number: SK/09/120
NIM/NIDN Creators: 04301-057
Uncontrolled Keywords: Respon khalayak, kemasan sampoerna A Mild 12, versi jawara creatips
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 05:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28526

Actions (login required)

View Item View Item