Strategi komunikasi pemasaran PD Hadi Mulya dalam memasarkan produk kue bintang kacang susu tahun 2007

Widiyanto, Tri (2008) Strategi komunikasi pemasaran PD Hadi Mulya dalam memasarkan produk kue bintang kacang susu tahun 2007. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini dilatarbelakangi ketertarikan peneliti pada home industry (dalam kasus ini PD Hadi Mulya sebagai produsen kue bintang kacang susu) yang melihat pentingnya strategi komunikasi pemasaran produk. Jika salah dalam menentukan strategi komunikasi pemasaran maka tujuan yang ingin dicapai yakni peningkatan penjualan tentunya akan sulit dicapai, terlebih untuk sebuah home industry seperti PD. Hadi Mulya, di mana dana yang digunakan sangat terbatas, Oleh karena itu diperlukan suatu ketelitian dan kejelian dalam menetapkan strategi komunikasi pemasaran untuk mencapai tujuan perusahaan. Yang menarik dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi dan pelaksanaan komunikasi pemasaran PD. Hadi Mulya dalam memasarkan produk kue bintang kacang susu di tahun 2007. Penerapan strategi komunikasi pemasaran perlu dirancang secara matang agar proses penyampaian pesan dapat berjalan secara efektif dan tepat pada target sasaran. Seperti dalam teori Chris Fill dalam sistem komunikasi pemasaran. Terdapat beberapa elemen-elemen komunikasi pemasaran yang dilakukan, seperti : periklanan, personal selling, humas, sales promotion dan pemasaran langsung. Hal terpenting dalam melaksanakan komunikasi pemasaran adalah menentukan strategi apa dan media apa yang digunakan untuk melakukan kegiatan komunikasi pemasaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan deskriftif dan tipe penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu metode yang digunakan untuk menjawab dari tujuan penelitian dengan menjabarkan secara terperinci mengenai strategi komunikasi pemasaran PD. Hadi Mulya dalam memasarkan produk kue bintang kacang susu. Pada penelitian ini data yang digunakan adalah penerapan strategi komunikasi pemasaran pada tahun 2007. Data yang diperoleh adalah melalui wawancara secara mendalam dengan para nara sumber yaitu Pimpinan dan Kepala Bagian Pemasaran PD. Hadi Mulya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dijalankan PD. Hadi Mulya antara lain melalui : brosur, kalender, personal selling (sales/marketing, publisitas (sponshorship untuk HUT RI 2007), melalui sales promotion seperti; gelas/mug pada kemasan kue bintang kacang susu, dan juga dalam bentuk pemasaran langsung (direct selling). Meskipun dana yang digunakan terbatas, akan tetapi semua semua strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan dinilai cukup efektif, mengingat sampai saat ini perusahaan masih tetap eksis

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 063
Call Number: SK/09/119
NIM/NIDN Creators: 04301-082
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi pemasaran, PD Hadi Mulya, memasarkan produk
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 05:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28525

Actions (login required)

View Item View Item