Hubungan iklim komunikas dengan kemampuan karyawan dalam memberi pelayanan prima pada pelanggan PT PLN (persero) Cabang Gambir Jakarta

Zulfa, Aini (2008) Hubungan iklim komunikas dengan kemampuan karyawan dalam memberi pelayanan prima pada pelanggan PT PLN (persero) Cabang Gambir Jakarta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Aini Zulfa (04203-082) Hubungan Iklim Komunikasi Dengan Kemampuan Karyawan Dalam Memberi Pelayanan Prima Pada Pelanggan PT. PLN (persero) Cabang Gambir Jakarta xvi + 14 Lampiran + 112 Halaman Bibliografi : 35 buku (Th 1985 – Th 2005) Iklim komunikasi merupakan persepsi terhadap kualitas komunikasi dan hubungan yang terjadi dalam perusahaan serta tingkat keterlibatan dan pengaruhnya. Iklim komunikasi bersifat sangat subjektif dan kepuasan terhadap iklim komunikasi tersebut dirasakan berbeda-beda. Iklim komunikasi yang positif akan dirasakan apabila pimpinan melakukan komunikasi yang efektif yaitu bila pimpinan melakukan gaya komunikasi sesuai dengan situasi dan lingkungan yang ada di dalam perusahaan. Pimpinan sebagai orang yang bertanggung jawab dalam perusahaan dapat membangkitkan iklim komunikasi dengan baik dalam perusahaan atau suatu organisasi. Jika iklim komunikasi yang diterapkan dalam perusahaan sudah baik, maka karyawan pun akan merasakan suasana yang menyenangkan sehingga tercipta pula kinerja yang baik dari seluruh karyawan dan salah satunya dalam melakukan kualitas pelayanan prima. Karna dengan adanya pelayanan yang baik, pelanggan merasa dirinya diperhatikan. Dengan demikian iklim komunikasi tersebut mempunyai hubungan dengan kualitas pelayanan prima bahkan sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada / tidaknya hubungan antara iklim komunikasi dengan pelayanan prima bagi karyawan PT. PLN (persero) Landasan teori yang digunakan yaitu komunikasi, komunikasi organisasi, dan iklim komunikasi, definisi pelayanan prima, kualitas pelayanan prima, yang mencakup hal yang terwujud, reabilitas, kecepatan reaksi, jaminan dan empati. Definisi pengertian karyawan. Iklim komunikasi Redding mencakup daya dukungan, pengambilan keputusan, kepercayaan diri dan kredibilitas, keterbukaan dan keterusterangan, tujuan prestasi yang tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional yang mengetahui ada tidaknya hubungan antara iklim komunikasi dengan pelayanan prima di PT. PLN, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pengambilan sampel dari jumlah populasi dengan menggunakan kuesioner, yang bertujuan untuk melukiskan secara sistematis populasi tertentu secara faktual dan cermat Hasil dari korelasi adalah sebesar 0.566 menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. Dengan demikian hasilnya kedua variabel mempunyai hasil atau tingkat hubungan yang tergolong kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 055
Call Number: SK/09/110
NIM/NIDN Creators: 04203-082
Uncontrolled Keywords: iklim komunikas, pelayanan prima, pelanggan, PT PLN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 04:57
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28517

Actions (login required)

View Item View Item