Kecenderungan pemberitaan sepak bola copa dji sam soe 2006 di tabloid Bola dan Go (Analisis komparasi edisi Juni-Juli 2006)

Komarudin, Otong (2008) Kecenderungan pemberitaan sepak bola copa dji sam soe 2006 di tabloid Bola dan Go (Analisis komparasi edisi Juni-Juli 2006). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Otong Komarudin (04101-049) Kecendrungan Pemberitaan Sepak Bola Copa Dji Sam Soe Indonesia 2006 di Tabloid Bola dan GO (Analisis Komparasi Edisi Juni Juli 2006) XX+74 halaman;10 lampiran; 7 Table; 3 bagan Bibliografi: 35 acuan (1989-2006) Di abad modern seperti sekarang ini, kehidupan masyarakat tidak lagi dapat dilepaskan dari jurnalistik dan pers. Masyarakat modern saat ini memanfaatkan informasi untuk mencapai tujuan ideal dan material. Informasi dapat diolah dan diperdagangkan, atau disajikan untuk mempengaruhi sikap mental individu seperti iklan (material) dan penerangan/ publikasi/ propaganda/ pelayanan sosial (ideal). Jumlah institusi media cetak di indonesia dewasa ini berkembang begitu pesat, sehingga menjadikan persaingan di kalangan media semakin ketat, terutama tabloid olahraga, dapat di lihat dari banyaknya tabloid-tabloid olahraga yang berkembang pesat dewasa ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecenderungan berita, jenis berita, nilai berita di Tabloid Olahraga bola dan Tabloid Olahraga go Edisi Juni-Juli 2006 dalam memberitakan Copa Dji Sam Soe Indonesia 2006. Kerangka pemikiraan dalam penlitian ini mengacu pada teori gate keeper menurut penjabaran Jhon R Bitner dalam buku Komunikasi Massa. Teori ini menggambarkan pesanpesan diterima oleh penepis informasi dari berbagai sumber, lalu pesan disampaikan secara selektif ke penerima yang berbeda-beda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif namun dalam sifat penelitian ini bahwa isi bukanlah kualitas komunikasi yang bersifat mutlak atau obyektif. Sehingga dalam penelitian ini meskipun bersifat kualitatif tapi cendrung kearah kuantitatif. Dalam memperoleh data-data penelitian, penulis melakukan analisis data yang di peroleh dari objek yang akan di teliti, selain itu juga peneliti melakukan pengumpulan data tertulis dari buku, dokumen maupun wawancara langsung dengan nara sumber yang berkompeten di bidangnya. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberitaan yang di sajikan Tabloid Bola untuk jenis berita lebih cenderung pada jenis News Bulletin, dan berita yang di sajikan lebih ke pada Fakta yang ada di lapangan. Dan untuk Nilai Berita cenderung ke pada Significance (Penting). Dan pada Tabloid Go pemberitaan yang disajikan untuk jenis berita cenderung ke pada News Bulletin, dan untuk isi berita yang disajikan lebih bersifat Fakta, dan nilai berita lebih cenderung ke pada significance (Penting).

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 091
Call Number: SK/09/101
NIM/NIDN Creators: 04101-049
Uncontrolled Keywords: Kecenderungan pemberitaan, sepak bola, copa djisamsoe 2006, tabloid Bola dan Go, Analisis komparasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 04:38
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28510

Actions (login required)

View Item View Item