Strategi promosi untuk meningkatkan brand awareness di caswells fine coffees and teas (2005-2007)

Fazari, S Rachmi (2008) Strategi promosi untuk meningkatkan brand awareness di caswells fine coffees and teas (2005-2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS di CASWELL’S FINE COFFEES AND TEAS (i-xi) + 68 halaman; 14 lampiran; daftar pustaka: 16 buku (1975 – 2007) Saat ini, cukup banyak coffee shop yang bermunculan di Indonesia apalagi di kota-kota besar seperti Jakarta. Fenomena coffee shop modern ini dimulai pada awal tahun 2000-an, dimana coffee shop ternama di dunia mulai masuk ke Indonesia. Konsep coffee shop yang modern menarik perhatian tidak hanya pecinta kopi tetapi juga menciptakan gaya hidup baru. Semakin pesatnya perkembangan coffee shopcoffee shop maka persaingan untuk promosi semakin ketat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi Promosi Caswell’s Fine Coffees and Teas dalam meningkatkan brand awareness-nya. Di awal kemunculannya di tahun 2001, Caswell’s Fine Coffees and Teas mengusung ide untuk memanggang kopi di tempat, sehingga kopi yang dihasilkan masih baru dan segar. Permasalahan muncul ketika semakin banyaknya coffee shop-coffee shop yang hampir serupa bermunculan. Kurangnya pamor Caswell’s Fine Coffees and Teas menjadi hambatan untuk berkembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penelitian ini bersifat memaparkan atau menggambarkan situasi dan keadaan. Untuk kepentingan tersebut maka peneliti mengadakan pengumpulan data dengan cara melakukan wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang bersangkutan mengenai strategi promosi. Dengan target market yang mayoritas adalah kelas menengah ke atas dan adanya kalangan ekspatriat serta para pecinta kopi, maka promo yang dilakukan adalah berusaha mengenalkan kopi-kopi yang dimilikinya. Selain itu dengan positioningnya sebagai specialty coffee juga semakin menunjukkan bahwa Caswell’s Fine Coffes and Teas hanya ingin menmberikan yang terbaik kepada konsumennya. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk-produk yang dihasilkan oleh Caswell’s Fine Coffees and Teas adalah produk yang bagus sehingga sebenarnya memudahkan strategi promosi yang dibuat untuk meningkatkan brand awareness. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa industri kopi terutama coffee shop mempunyai persaingan yang ketat satu sama lain. Oleh karena itu dibutuhkan strategi promosi yang jitu agar merek dapat dikenal masyarakat terutama oleh target marketnya. Sebagai rekomendasi, Peneliti menyarankan agar Caswsell’s Fine Coffees and Teas agar lebih terencana dalam membuat strategi brand awarenessnya sehingga menciptakan strategi promosi yang tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 043
Call Number: SK/09/092
NIM/NIDN Creators: 4430411-069
Uncontrolled Keywords: Strategi promosi, brand awareness, caswells fine coffees and teas
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28468

Actions (login required)

View Item View Item