Strategi humas perum perhutani dalam menyukseskan program "PERHUTANI HIJAU 2010" (Periode 2006 - 2008)

Nurwahyuni, Erisa (2008) Strategi humas perum perhutani dalam menyukseskan program "PERHUTANI HIJAU 2010" (Periode 2006 - 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Erisa NurWahyuni NIM : 4420401-012 Judul Skripsi : Strategi Humas Perum Perhutani dalam Menyukseskan Program ”Perhutani Hijau 2010” (periode 2006-2008) Bibliografi : xii+130 hal+29 lampiran+3 gambar+3 tabel+20 Bibliografi (1992- 2006) Keprihatinan terhadap kondisi lingkungan Pulau Jawa yang sangat buruk menggugah Perum Perhutani sebagai Perusahaan Negara yang bergerak disektor Kehutanan. Banyaknya tanah kosong yang disebabkan karena adanya penjarahan dalam era reformasi dan juga kesadaran masyarakat yang dinilai kurang mengerti arti penting melestarikan lingkungan, membuat Perum Perhutani ingin segera bertanggung jawab. Humas Perum Perhutani sebagai saluran informasi merancang strategi untuk menyukseskan program yang diberi nama ”Perhutani Hijau 2010”. Oleh karena itu, penelitian ini mempunyai rumusan masalah yakni Bagaimana Strategi Humas Perum Perhutani juga mengapa diperlukan strategi Humas dalam Menyukseskan Program ”Perhutani Hijau 2010” (periode 2006-2008) Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana dan mengapa strategi humas ditempuh dalam usahanya untuk menyukseskan program Perhutani Hijau 2010 (periode 2006-2008). Strategi Humas adalah rencana jangka panjang untuk menyusun berbagai rencana teknis dan langkah komunikasi yang akan diambil dalam kegiatan kehumasan. Ronald D Smith, menjabarkan konsep strategi Humas dalam bukunya ”Strategic Planning for Public Relations” bahwa ada 4 fase yang di dalamnya terdapat 9 step yang dapat digunakan untuk menyusun strategi kehumasan. Fase tersebut yakni Formative Research yang di dalamnya terdapat step analisa situasi, analisa organisasi, dan analisa publik. Fase kedua adalah Strategi, di dalamnya terdapat step menentukan sasaran dan tujuan, formula aksi dan respon strategi, dan menggunakan komunikasi efektif. Yang ketiga adalah Fase Taktik, di dalamnya terdapat step pemilihan taktik komunikasi dan implementasi rencana strategis. Fase yang terakhir adalah Riset Evaluasi, di dalamnya terdapat step evaluasi perencanaan strategis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian study kasus. Peneliti juga mencoba mengacu pada teori Strategi Humas milik Ronald D Smith yang menurut peneliti sangat penting dan dapat diterapkan dalam penelitian ini. Sedangkan untuk teknik analisa data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisa triangulasi Dari hasil penelitian dengan menganalisis data primer dan data sekunder dapat diketahui bahwa Strategi Humas yang dibuat oleh Ronald D Smith juga dibuat dalam Strategi Humas Perum Perhutani dalam menyukseskan program ”Perhutani Hijau 2010”(periode 2006-2008) Dari hasil penelitian, didapat bahwa program Perhutani Hijau 2010 ini dalam periode tahun 2006-2008 saja dapat dikatakan hampir berhasil. Tanah kosong sudah tertanami dan kesadaran masyarakat mulai tumbuh dengan partisipasi mereka dalam program ini.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 061
Call Number: SK/09/087
NIM/NIDN Creators: 4420401-012
Uncontrolled Keywords: Strategi humas, perum perhutani, program "PERHUTANI HIJAU 2010"
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28463

Actions (login required)

View Item View Item