Pengelolaan program corporate social responsibility oleh konsultan PR KI Communication Di Jakarta Periode 2005

Kusmiati, Reni (2008) Pengelolaan program corporate social responsibility oleh konsultan PR KI Communication Di Jakarta Periode 2005. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI RENI KUSMIATI (04203-081) Pengelolaan Program Corporate Social Responsibility oleh Konsultan PR “KI Communication” Di Jakarta Periode 2005. xiii + 94 halaman ; 9 lampiran Bibliografi : 29 Buku ( 1990-2007 ) Corporate Social Responsibility (CSR) adalah perusahaan secara sukarela memberi kontribusi dan perhatiannnya kepada peningkatan kualitas perusahaan (profit), masyarakat khususnya komunitas sekitar (people), serta lingkungan hidup (planet bumi). Tanggung jawab sosial itu merupakan perkembangan proses untuk mengevaluasi stakeholder dan tuntutan lingkungan serta implementasi programprogram untuk menangani isu-isu sosial. Berdasarkan anggapan di atas, peneliti tertarik untuk mengkaji KI Communication sebagai konsultan PR yang mengelola program dari kliennya yaitu PT HM Sampoerna dengan salah satu program CSR PT HM Sampoerna yaitu Program Bimbingan Anak Sampoerna, Pustaka Kita Periode 2005. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mendeskripsikan langkah-langkah pengelolaan program corporate social responsibility oleh konsultan PR “KI Communication” di Jakarta periode 2005. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Untuk pengumpulan datanya dengan melakukan wawancara mendalam (indepth interview). Penelitian ini mengambil informan kunci dari KI Communication dan empat narasumber pembanding. Untuk analisa datanya menggunakan strategi umum yang mendasarkan pada proposisi teoritis, yang selanjutnya mencerminkan serangkaian pertanyaan penelitian, tinjauan pustaka, dan pemahaman-pemahaman baru. Teori yang digunakan oleh penulis mengacu pada konsep langkah-langkah perencanaan program CSR yaitu: menetapkan tujuan, menetapkan kebijakan, merancang struktur organisasi, menyediakan SDM, merencanakan program operasional, membagi wilayah, dan evaluasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya rancangan program yang dibuat oleh KI Communication melalui program Pustaka Kita, KI Communication telah berhasil dalam mendukung pencapaian tujuan dari klien atau tujuan secara umum yaitu terciptanya hubungan yang harmonis dengan masyarakat sehingga tercipta pula kondisi yang kondusif dan dapat mendukung pertumbuhan perusahaan, terutama loyalitas klien.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 116
Call Number: SK/09/080
NIM/NIDN Creators: 04203-081
Uncontrolled Keywords: program corporate social responsibility, konsultan PR, KI Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 04:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28399

Actions (login required)

View Item View Item