Strategi program variety show gebyar BCA dalam mempertahankan eksistensi

Indriani, (2008) Strategi program variety show gebyar BCA dalam mempertahankan eksistensi. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan dunia penyiaran di Indonesia yang semakin pesat menuntut pembuat program untuk memproduksi program yang dapat menarik perhatian audiens. Munculnya program promotainment sebuah perusahaan di televisi menjadi sarana dalam melakukan kegiatan Marketing Public Relations kepada masyarakat luas. Diantara banyaknya promotainment yang biasanya hanya bersifat sekali tayang, Gebyar BCA justru mampu bertahan selama lebih dari sepuluh tahun. Meskipun Gebyar BCA sepenuhnya didukung oleh BCA, namun tanpa adanya sebuah strategi program, mustahil akan berumur panjang seperti sekarang. Dalam merencanakan sebuah program, bagian pengelola program siaran harus mempertimbangkan empat hal yang disebut Bauran Program yang terdiri dari Produk Program, Biaya Program, Distribusi Program dan Promosi Program yang dapat diterapkan ke dalam strategi program. Sehingga nantinya diharapkan dapat mewujudkan tujuan program itu sendiri atau untuk mempertahankan sebuah keberhasilan, seperti eksistensi program. Sedangkan program yang berumur panjang, dan dapat mempertahankan daya tariknya selama mungkin menurut VaneGross adalah sebuah keberhasilan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian bersifat deskriptif ini menggunakan metode studi kasus agar penelitian dapat dilakukan secara mendalam sehingga peneliti dapat memperoleh hasil penelitian secara menyeluruh. Untuk itu, wawancara mendalam kepada nara sumber yang kompeten, menjadi sumber data primer penelitian ini. Dan hasil wawancara mengenai fokus penelitian yang berkenaan dengan Bauran Program diolah menggunakan teknik triangulasi data yakni membandingkan hasil hasil pengamatan dan wawancara dengan teori yang relevan. Keberhasilan Gebyar BCA dalam mempertahankan usianya tidak sematamata berkat peran penting tim produksi. Karena pada kenyataannya pihak BCA sebagai sponsor juga ikut berperan, seperti dengan ikut menentukan pengisi acara yang menjadi daya tarik Gebyar BCA, atau dengan melakukan promosi Gebyar BCA. Selain itu, tim Sales and Marketing Indosiar juga ambil bagian dalam kesuksesan ini. Yaitu dengan menjaga tingkat kepuasan BCA serta hubungan baik dengan pihak BCA, yang juga membuat Gebyar BCA dapat bertahan lebih dari sepuluh tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 084
Call Number: SK/09/065
NIM/NIDN Creators: 04103-031
Uncontrolled Keywords: Strategi program, variety show, gebyar BCA, eksistensi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 06:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28385

Actions (login required)

View Item View Item