Analisa kelayakan upaya penghematan energi listrik melalui penggantian ballast elektronik PT.BERKAT AGUNG JAYA ABADI GRESIK-Jawa Timur

Lesmana, Bayu (2008) Analisa kelayakan upaya penghematan energi listrik melalui penggantian ballast elektronik PT.BERKAT AGUNG JAYA ABADI GRESIK-Jawa Timur. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL SKRIPSI)
01401-015 Bayu Lesmana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)

Abstract

ABSTRAK Energi mempunyai peranan yang sangat penting dalam perekonomian, baik sebagai bahan bakar, bahan baku, maupun sebagai komoditas ekspor. Konsumsi energi terus meningkat sejalan dengan laju pertumbuhan ekonomi dan pertambahan penduduk. Dengan naiknya tarif Listrik PT PLN (Persero) dan bahan bakar minyak (BBM) merupakan suatu masalah yang dialami oleh setiap perusahaan, untuk mempertahankan eksistensi perusahaan dan mempertahankan daya saing dalam produksi sekarang ini dengan menekankan pemakaian energi yang terutama berhubungan langsung dengan biaya produksi, salah satunya adalah biaya pemakaian listrik dimana energi listrik merupakan salah satu unsur biaya tetap yang selama ini sangat sulit untuk dilakukan efesiensi. Dengan mengganti Ballast trafo menjadi Ballast elektronik selain memperbaiki kualitas daya juga dirancang untuk mengoptimalkan pemakaian energi listrik (kWh), penghematan yang bisa dilakukan oleh ballast elektronik merupakan suatu keuntungan yang sangat membantu dalam menghadapi persoalan pada PT Berkat Agung Jaya Abadi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/ELK. 08 086
Call Number: STI/09/056
NIM/NIDN Creators: 01401-015
Uncontrolled Keywords: energi listrik, penggantian ballast elektronik, PT.BERKAT AGUNG JAYA ABADI, hemat
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 16 Jul 2022 04:20
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28376

Actions (login required)

View Item View Item