Afriansyah, Irfan (2008) Analisis persiapan dan pelaksanaan kalibrasi sistem navigasi udara instrument landing system. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (SKRIPSI FULL)
01401-036 Irfan Afriansyah.pdf Restricted to Registered users only Download (344kB) |
Abstract
ABSTARK Sejalan dengan kemajuan di era globalisasi saat ini, mobilitas manusia yang semakin tinggi menyebabkan semakin padatnya lalu lintas transportasi didarat, laut maupun udara. khusus untuk transportasi udara, semakin tingginya jumlah dan frekuensi pergerakan pesawat terbang dibutuhkan alat-alat bantu penerbangan, salah satunya adalah ILS (Instrumen Landing System). ILS adalah sebuah alat bantu pendaratan yang berfungsi untuk memberikan panduan secara akurat pada garis tengah landasan , sudut landasan dan informasi jarak kepada penerbang dalam melakukan pendaratan di segala kondisi cuaca. Pada jarak yang telah ditentukan dari landasan, pesawat akan di pandu oleh ILS yang memberitahukan kepada penerbang agar bersiap melakukan proses pendaratan. ILS akan memancarkan sinyal Localizer saat pesawat berada pada jarak 25 Nautical miles untuk menunjukan posisi pesawat terhadap Center Line Runway, dan saat pesawat berada pada jarak 10 Nautical miles ILS akan memancarkan sinyal Glide Path untuk memberitahukan sudut pendaratan dengan 30 dari permukaan tanah. Sedemikian pentingnya fungsi ILS sebagai alat bantu pendaratan, maka diperlukannya pengecekan atau kalibrasi secara periodik agar ILS berfungsi sebagaimana mestinya sesuai dengan toleransi yang telah ditetapkan bersama (internasional).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FTI/ELK. 08 087 |
Call Number: | STI/09/044 |
NIM/NIDN Creators: | 01401-036 |
Uncontrolled Keywords: | kalibrasi sistem, navigasi udara, instrument landing system |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Dec 2008 13:07 |
Last Modified: | 11 Jul 2022 02:13 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28364 |
Actions (login required)
View Item |