Studi aplikasi gugus kendali mutu untuk menurunkan defect air pocket center armrest IMV di PT IRC Inoac Indonesia PU-Division

Puryanto, Gesang (2008) Studi aplikasi gugus kendali mutu untuk menurunkan defect air pocket center armrest IMV di PT IRC Inoac Indonesia PU-Division. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (FULL SKRIPSI)
41605120065 Gesang Puryanto.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAKSI Gugus Kendali Mutu ( GKM ) secara definitif diartikan sebagai tim pemecah persoalan atau sekelompok pekerja dari unit kerja yang sama secara sukarela, beranggotakan 3 sampai dengan 20 orang yang melakukan pertemuan secara berkala dan berkesinambungan untuk melakukan alat kendali mutu dan proses pemecahan masalah melalui kegiatan identifikasi, memilih dan menganalisis berbagai persoalan. Aktivitas Gugus Kendali Mutu ini akan diaplikasikan di sebuah perusahaan di PT. IRC INOAC INDONESIA PUDIVISION dalam rangka menurunkan defect Air Pocket Center Armrest IMV. Untuk menyelesaikan masalah itu, maka digunakan teori sumbang saran, 8 steps, 7 tools, PDCA, SMART dan lain lain, sehingga diharapkan akan menurunkan terjandinya defect tersebut dan menurunkan biaya rework serta meningkatkan kualitas dan produktivitas perusahaan. Data diambil dari laporan produksi bulanan dari bulan Januari sampai Maret 2007 sebagai analisa oleh sebuah tim GKM. Setelah didapat data, maka dilakukan penganalisaan terhadap penyebab-penyebab utama yang dapat menyebabkan defect Air Pocket Center Armrest IMV. Pada step ke 5, dapat diketahui bagaimana cara mengatasi defect Air Pocket Center Armrest IMV sehingga dapat menurunkan biaya rework serta meningkatkan kualitas dan produktivitas perusahaan. Pada step ke 7, nantinya didapatkan sebuah evaluasi hasil atas kegiatan GKM dengan menurunkan presentasi defect Air Pocket dari 27,35 % menjadi 2,28 %.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FTI/IND. 08 002
Call Number: STI/09/042
NIM/NIDN Creators: 41605120065
Uncontrolled Keywords: Produktivitas, Gugus Kendali Mutu, Defect.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 11 Jul 2022 06:06
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28362

Actions (login required)

View Item View Item