Persepsi anggota unit kegiatan mahasiswa (UKM) bola basket UMB thd tayangan program acara berita metro sport (Periode tanggal 6 sampai 12 April 2008) di metro tv

Wisanggeni, Dimas Aji (2008) Persepsi anggota unit kegiatan mahasiswa (UKM) bola basket UMB thd tayangan program acara berita metro sport (Periode tanggal 6 sampai 12 April 2008) di metro tv. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Dimas Aji Wisanggeni Judul Skripsi : Persepsi Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola Basket Universitas Mercu Buana Terhadap Tayangan Program Acara Berita METRO SPORT (periode tanggal 6 sampai 12 April 2008) di METRO TV 21 referensi buku (tahun 1994-2006); 97 hal + I-XVI + 29 lampiran + V Bab Media televisi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari peradaban kehidupan manusia. Media televisi merupakan salah satu dari alat komunikasi massa dapat memberikan informasi kepada khalayak. Berita olah raga dapat memberikan nilai-nilai positif bagi penonton televisi karena berita olah raga dapat memberikan informasi dan juga pengetahuan mengenai dunia olah raga kepada penonton televisi. Fenomena berita olah raga yang begitu menarik bersama dengan nilai-nilai positif yang dibawanya sehingga ditampilkan oleh dunia pertelevisian di Indonesia membuat penulis ingin mengetahui lebih dalam lagi sampai dimana tayangan berita olah raga METRO SPORT dapat menarik perhatian pemirsa khususnya dari anggota unit kegiatan mahasiswa bola basket Universitas Mercu Buana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bola basket Universitas Mercu Buana terhadap tayangan program acara berita METRO SPORT di METRO TV. Persepsi adalah pengalaman tentang objek peristiwa atau hubungan dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Menurut Kenneth E. Andersen, faktor yang sangat mempengaruhi persepsi diantaranya yaitu perhatian (attention), penafsiran (interpretation), dan pengetahuan (kognitif). Sifat penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif berdasarkan hasil penelitian setelah diperoleh jawaban kuesioner dari responden. Teknik pengumpulan data primernya melalui survey dan data sekundernya melalui kepustakaan. Populasinya adalah anggota unit kegiatan mahasiswa bola basket Universitas Mercu Buana yang berjumlah 32 orang, sampel yang digunakan yaitu totally sampling sehingga jumlah sampel 32 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi dari anggota unit kegiatan mahasiswa bola basket Universitas Mercu Buana terhadap tayangan program acara berita METRO SPORT di METRO TV yang digolongkan pada tahap perhatian (attention), penafsiran (interpretation), dan pengetahuan (kognitif) menunjukkan hasil perhitungan berupa angka yaitu 4. Angka tersebut apabila dikaitkan dengan interpretasi skor menurut skala Likert adalah tinggi atau positif. Persepsi pada tahap perhatian (attention) mendapat nilai 64% (Tinggi), persepsi pada tahap penafsiran (interpretation) mendapat nilai 69% (Tinggi), dan persepsi pada tahap pengetahuan (kognitif) mendapat nilai 62% (Tinggi). Pada tahap ini responden memberikan respon yang tinggi pada bagian cuplikan-cuplikan pertandingan, isi dari berita seperti profil pemain dan team, dan keaktualan dari berita (informasi terbaru) yang ditayangkan program acara berita METRO SPORT.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 139
Call Number: SK/09/060
NIM/NIDN Creators: 04103-083
Uncontrolled Keywords: Persepsi, mahasiswa bola basket UMB, tayangan program, acara berita metro sport, metro tv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 06:15
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28326

Actions (login required)

View Item View Item