Persepsi mahasiswa thd tayangan todays dialogue dalam tema skenario kenaikan bbm di metrotv edisi 6 mei 2008

Junaedi, Ahmad (2008) Persepsi mahasiswa thd tayangan todays dialogue dalam tema skenario kenaikan bbm di metrotv edisi 6 mei 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Televisi sebagaimana media massa mempunyai fungsi informasi, hiburan, pendidikan, kontrol sosial dan penghubung wilayah secara geografis. Televisi sebagai media massa mempunyai pengaruh serta akibat yang ditimbulkannya melalui program acara yang ditayangkan. Program televisi adalah suatu acara televisi yang memberikan informasi dan hiburan terhadap khalayak. program atau acara yang disajikan adalah faktor yang membuat khalayak atau audience tertarik. Tujuan diproduksinya suatu program adalah untuk menjaring audience sebanyak mungkin. Salah satu program acara Televisi yaitu Program acara Today’s Dialogue yang ditayangkan oleh stasiun Televisi Metro TV. Today’s dialogue adalah Program acara reality show dikemas dalam bentuk talk show berdurasi 30 menit, yang mengupas tentang topik-topik permasalahan yang sedang hangat, berkembang di dalam masyarakat. Guna mencari solusi penyelesaiannya. Dengan seputar topik permasalahan yang dibahas seperti masalah politik, sosial, ekonomi, budaya, dalam negeri dan luar negeri dengan menghadirkan beberapa narasumber yang terkait dalam suatu permasalahan, dipandu oleh seorang pembawa acara sebagai moderator . Acara ini ditayangkan pada hari selasa dan hari rabu pada pukul 22:05 WIB. Topik permasalahan yang pernah dibahas dalam program today’s dialogue Metro TV adalah Skenario kenaikan BBM. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana angkatan 2005 dan 2006 terhadap Program acara Today’s Dialogue di Metro TV edisi 6 mei 2008. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh persepsi mahasiswa angkatan 2005 dan 2006 fakultas ilmu komunikasi Universitas Mercu Buana terhadp perogram acara Today’s Dialogue di Metro TV edisi 6 mei 2008 dengan tema “Sekenario kenaikan BBM”. Persepsi adalah proses internal yang memungkinkan kita memilih, mengorganisasikan, dan menafsirkan rangsangan dari lingkungan kita, dan proses tersebut mempengaruhi perilaku kita. Teori “Stimulus Organisme Response (S-O-R)” menjelaskan bahwa effek merupakan reaksi terhadap stimuli (rangsangan) tertentu. Effek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap stimulus khusus sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikan. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dimana penulis mengumpulkan informasi dari 109 Responden dipilih secara purposif, kemudian data yang diperoleh dari jawaban responden diolah secara manual dan dianalisis secara deksriptif. Hasil penelitian menunjukan persepsi Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana angkatan 2005 dan 2006 terhadap Program acara Today’s Dialogue di Metro TV edisi 6 mei 2008 memiliki persepsi positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 145
Call Number: SK/09/046
NIM/NIDN Creators: 4410401-001
Uncontrolled Keywords: Persepsi mahasiswa, tayangan todays dialogue, tema skenario kenaikan bbm, metro tv
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28312

Actions (login required)

View Item View Item