Konstruksi kesejahteraan masyarakat dalam iklan politik (Analisis semiotik iklan kampanye politik SBY - JK versi sajadah panjang di televisi)

Fauziah, Fitriaty (2008) Konstruksi kesejahteraan masyarakat dalam iklan politik (Analisis semiotik iklan kampanye politik SBY - JK versi sajadah panjang di televisi). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Periklanan politik merupakan bentuk baru dari cara mengkampanyekan diri dan partai para marketer politik di Indonesia. Periklanan politik dalam penyajiannya juga memberikan berbagai macam tanda dan simbol yang memiliki arti luas bagi kepentingan pembuat iklan. Permasalahan dan penelitian yang dilakukan adalah apakah tanda-tanda yang digunakan dalam iklan kampanye politik versi sajadah panjang buatan SBY-JK ini dan apakah makna dari tandatanda yang digunakan untuk mengkonstruksi iklan tersebut? Penelitian ini berdasarkan pada konsep teori sistem sosial pasca-Talcott Parsons, yakni proses penyampaian pesan dalam ilmu komunikasi kini dipandang sebagai proses yang dinamis dan transaksional. Artinya, khalayak juga aktif dalam proses tersebut. Publik tidak tinggal diam dan menerima pesan-pesan media massa begitu saja, melainkan paling tidak memilih pesan yang layak diterima. Sebaliknya, media juga sangat tergantung pada nilai-nilai kultural masyarakat pada umumnya. Penelitian akan dianalisis berdasarkan paradigma konstruksionis dengan metode semiotika, yakni data akan diilustrasikan dalam hubungan segitiga makna (triangle meaning) yang dibuat oleh Charles Sanders Pierce. Jenis penelitian yang akan dilakukan adalah penelitian eksploratif dengan menggunakan analisis semiotika. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengcapture tampilan visual (iklan televisi) dari iklan kampanye politik SBY-JK versi sajdah panjang sebagai data primer. Data sekunder didapat melalui studi literatur berupa buku, jurnal, dan situs internet. Melalui analisis didapati bahwa SBY-JK dalam iklan kampanye politiknya yang versi sajadah panjang di televisi, ingin menjelaskan harapan-harapannya, yaitu berusaha mensejahterakan seluruh lapisan masyarakat Indonesia, dan mengajak masyarakat untuk merubah Indonesia menjadi negara yang lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 076
Call Number: SK/09/042
NIM/NIDN Creators: 04301-045
Uncontrolled Keywords: Konstruksi kesejahteraan masyarakat, iklan politik, Analisis semiotik, iklan kampanye politik
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 07:23
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28308

Actions (login required)

View Item View Item