Konstruksi realitas tentang pemberitaan dugaan kasus suap irawady joenoes ( anggota konstitusi yudisial ) di dalam teks skrip program seputar Indonesia RCTI ( periode bulan september - november tahun 2007 )

Setyadi, Pitrus (2008) Konstruksi realitas tentang pemberitaan dugaan kasus suap irawady joenoes ( anggota konstitusi yudisial ) di dalam teks skrip program seputar Indonesia RCTI ( periode bulan september - november tahun 2007 ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Pitrus Setyadi ( 4410411-005 ) Konstruksi Realitas Tentang Pemberitaan Dugaan Kasus Suap Irawady Joenoes ( Anggota Konstitusi Yudisial ) Di Seputar Indonesia RCTI ( Periode September – November 2007 ) 66 Halaman + 12 Lampiran; Bibliografi : 22 Acuan ( 1973 – 2007 ) Televisi sebagai sebagai media massa audio - visual memiliki sifat dan ciri yang khas dibandingkan media massa cetak dalam menyampaikan pesan. Berita merupakan hasil dari kegiatan jurnalistik, secara konseptual, jurnalistik dapat dipahami dari tiga sudut pandang, yakni sebagai proses, teknik dan ilmu. Jurnalistik sebagai proses adalah aktivitas mencari, mengolah, menulis dan menyebarluaskan informasi kepada publik melalui media massa. Aktivitas inilah yang dilakukan oleh wartawan/ jurnalis. Jurnalistik secara teknik adalah keahlian dan keterampilan menulis karya jurnalistik baik berita, artikel maupun feature termasuk pula keahlian dalam pengumpulan bahan penulisan. Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana Konstruksi Realitas Pemberitaan Tentang Dugaan Kasus Suap Irawady Joenoes ( Anggota Konstitusi Yudisial ) Di Seputar Indonesia RCTI (Periode Bulan September sampai dengan November Tahun 2007). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada keberfihakan dan kepentingan dalam pemberitaan dugaan kasus suap yang dilakukan Irawady Joenoes dan sudahkah RCTI dalam program berita Seputar Indonesia memberikan berita yang berimbang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis wacana, sedangkan tipe penelitiannya adalah deskriptif. Kerangka pemikiran yang digunakan oleh penulis yaitu tentang pengertian komunikasi, komunikasi massa, jenis media komunikasi massa, televisi sebagai saluran media massa, berita televisi, jenis berita, konstrusi realitas, analisis wacana, dan analisis wacana kritis. Hasil penelitian menjelaskan konstruksi realitas yang dilakuakan terhadap dugaan kasus suap Irawady Joenoes di Seputar Indonesia RCTI dalam beberapa pemberitaannya menyudutkan dan terkesan mengarahkan bahwa Irawady bersalah, sedangkan sidang pengadilan tentang kasus tersebut masih berjalan dan belum memiliki keputusan yang berkekuatan hukum mengikat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: Lantai III
Call Number: SK/09/041
NIM/NIDN Creators: 4410411-005
Uncontrolled Keywords: Konstruksi realitas, pemberitaan, teks skrip, program seputar Indonesia, RCTI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:46
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28307

Actions (login required)

View Item View Item