Strategi komunikasi humas Bank Indonesia (Studi kasus : program gerai info Bank Indonesia GIBI)

Dikarasuma, Rina (2008) Strategi komunikasi humas Bank Indonesia (Studi kasus : program gerai info Bank Indonesia GIBI). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Rina Dikarasuma (4420401-023) Strategi Komunikasi Humas Bank Indonesia (Studi Kasus : Program Gerai Info Bank Indonesia “GIBI”) xii + 105 halaman + 51 Lampiran Bibliografi : 27 acuan (1994-2006) Strategi komunikasi bagi suatu perusahaan sangatlah penting. Dengan adanya strategi komunikasi yang baik, maka semua tujuan yang hendak dicapai dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah ditentukan terlebih dahulu. Atas dasar itu penulis melakukan penelitian tentang strategi komunikasi yang diterapkan Humas Bank Indonesia sebagai lembaga independent yang mempunyai kedudukan sebagai bank sentral Negara Republik Indonesia yang memiliki tugas utama untuk menjaga stabilitas perekonomian dan moneter di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi humas yang digunakan oleh Bank Indonesia dalam mensosialisasikan Program GIBI (Gerai Info Bank Indonesia) pada periode Juli 2007 hingga Juni 2008. Untuk menjawab masalah penelitian yang ada, penulis menggunakan konsep-konsep komunikasi organisasi, dan strategi Public Relations. Adapun metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode studi kasus dan dengan teknik analisa data triangulasi yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain diluar data, untuk keperluan pengumpulan data melalui wawancara mendalam terhadap Ibu Nita Rachmenia dan Ibu Naniek Sekarningsih selaku Analis Biro Humas Bank Indonesia yang bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai strategi komunikasi yang digunakan oleh Humas Bank Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang telah didapatkan dan diolah oleh penulis, dapat diketahui bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Bank Indonesia dalam mensosialisasikan Program GIBI kepada seluruh stakeholders-nya yaitu dengan menggunakan empat tahapan manajemen Public Relations, yaitu Fact Finding (Pengumpulan Fakta) dengan melakukan studi banding dengan bank-bank umum yang ada di Indonesia, Planning and Programming (Perencanaan Program) dengan menentukan khalayak sasaran seluruh kalangan masyarakat yang menjadi stakeholders Bank Indonesia baik internal maupun eksternal, Communicating (Pelaksanaan) peresmian GIBI dilakukan bertepatan dengan hari ulang tahun BI yang ke-54, dan Evaluating (Evaluasi) pihak Humas BI melakukan evaluasi secara berkala setiap 3 bulan sekali.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 118
Call Number: SK/09/038
NIM/NIDN Creators: 4420401-023
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi, humas Bank Indonesia, Studi kasus, program gerai info
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28245

Actions (login required)

View Item View Item