Pengaruh desain visual kemasan produk makanan ukm kacang paris thd minat beli konsumen

Ginting, Anjelina Tri Retta (2008) Pengaruh desain visual kemasan produk makanan ukm kacang paris thd minat beli konsumen. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Penelitian ini dilatarbelakangi dengan makin banyaknya kemasan-kemasan produk yang menarik perhatian konsumen. Format desain visual kemasan yang semakin beragam membuat kemasan-kemasan banyak produk semakin unik dan menarik. Konsep atau ide mengenai desain visual kemasan yang ditampilkan sangat mempengaruhi konsumen dalam membeli produk-produk yang ada di pasaran. Berdasarkan hal di atas maka tujuan penelitian ini adalah mencari tahu bagian desain visual kemasan produk makanan UKM Kacang Paris yang mana yang mempengaruhi minat beli konsumen. Teori komunikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Stimulus—Organisme—Response yang dikembangkan oleh De Fleur. Untuk mengetahui penilaian responden terhadap desain visual kemasan, digunakan beberapa unsur visual menurut beberapa ahli desain komunikasi visual dalam buku Pengantar Desain Komunikasi Visual. Unsur-unsur visual pada kemasan Kacang Paris yaitu logo, warna, ilustrasi, tipografi, bentuk kemasan, ukuran kemasan serta informasi label dan produk pada kemasan. Selanjutnya teori AIDA dgunakan untuk melihat bagaimana pengaruh desain visual kemasan terhadap minat beli konsumen. Sifat penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan metode yang digunakakan adalah metode survey dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil adalah sebanyak 107 orang responden dari total populasi 1072 yang terdapat di RW. 011 Kelurahan Lubang Buaya, Jakarta Timur. Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka disimpulkan bahwa desain visual kemasan produk makanan UKM—Kacang Paris dengan minat beli terdapat pengaruh yang positif terhadap desain visual kemasannya sehingga dapat menimbulkan minat beli pada diri responden, dengan nilai korelasinya yaitu 0,746.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KV. 08 002
Call Number: SK/09/031
NIM/NIDN Creators: 4440401-023
Uncontrolled Keywords: desain visual
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Visual
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28238

Actions (login required)

View Item View Item