Hubungan iklim komunikasi dengan sense of belonging karyawan pada PT Capital Trade International (periode 2008)

Rumahorbo, Christina (2008) Hubungan iklim komunikasi dengan sense of belonging karyawan pada PT Capital Trade International (periode 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Iklim komunikasi yang positif di dalam sebuah organisasi atau perusahaan adalah merupakan faktor penting dalam menunjang kemajuan sebuah organisasi karena dengan iklim komunikasi yang baik dimana terdapat rasa saling percaya dan terbuka diharapkan dapat menciptakan Sense of belonging (rasa memiliki) pada diri karyawan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan iklim komunikasi dengan sense of belonging karyawan pada PT Capital Trade International (periode 2008 bedasarkan dimensi yaitu Supportiveness, Participative decision making, Trust, Confidence, and Credibility, Openness and Candor, High Performance Goals. Sedangkan Sense of belonging sebagai output berdasarkan enam dimensi yaitu merasa sedih dikala perusahaan terkena musibah, merasa tersinggung apabila ada orang yang mencoba melecehkan nama baik organisasinya, merasa bangga ketika perusahaannya mengalami kemajuan, mengikuti kegiatan yang diadakan perusahaan, mempunyai disiplin tinggi dan tidak mau merugikan perusahaannya, bersedia menjadi pelopor untuk kemajuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan penelitian De, metode yang digunakan survey, teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Populasi yang digunakan sebanyak 100 responden dan teknik sampel yang digunakan yaitu sempel jenuh dimana jumlah sampel yang diambil adalah seluruh populasi dan menggunakan uji validitas dan reabilitas dengan menggunakan program SPSS 14. Hasil penelitian Hubungan iklim komunikasi sense of belonging adalah sebesar 0,265 hal ini menunjukkan hubungan yang positif meskipun tidak kuat tapi tetap menunjukkan adanya hubungan yang positif, artinya semakin positif iklim komunikasi yang ditimbulkan akan membuat sense of belonging karyawan cenderung meningkat. Nilai korelasi sebesar 0,265 menunjukkan bahwa hipotesis yang menunjukkan adanya hubungan antara iklim komunikasi terhadap sense of belonging karyawan dapat diterima meskipun hubungan yang ada tidak kuat karena mendekati nilai 0.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 131
Call Number: SK/09/027
NIM/NIDN Creators: 4420401-058
Uncontrolled Keywords: iklim komunikasi, sense of belonging karyawan, PT Capital Trade International
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:44
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28234

Actions (login required)

View Item View Item