Respon khalayak thd program berita world news di metro tv (studi deskriptif respon masyarakat joglo baru Rw 06 joglo kembangan jakarta barat thd program berita world news di metro tv)

Saputra, Harka Saleh (2008) Respon khalayak thd program berita world news di metro tv (studi deskriptif respon masyarakat joglo baru Rw 06 joglo kembangan jakarta barat thd program berita world news di metro tv). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Perkembangan teknologi pertelevisian di Indonesia saat ini sudah semakin pesat sehingga efek siarannya menyebabkan seolah-olah tidak ada lagi batas antara satu Negara dengan Negara lainnya terlebih setelah digunakannya satelit untuk memancarkan signal keseluruh dunia. Setiap orang dimanapun juga ingin mengetahui apa yang terjadi baik didalam negeri dalam waktu yang secepat-cepatnya hal ini bisa dipenuhi Televisi. Seperti yang dilakukan Stasiun Televisi Swasta Metro TV yang ingin memberikan informasi dan berita keseluruh pelosok Indonesia guna mencerdaskan Bangsa dengan format acara yang terdiri 60 % berita (News) Dan 40 % Infotaiment dan Entertainment. Program berita “World News” merupakan tayangan informasi atau berita dari dalam negeri dan mancanegara (Internasional) yang Update seperti Politik, Ekonomi, Konflik, Bencana, Demontrasi, Sosial budaya, Iptek dan Seni dll. Penelitian ini mempunyai tujuan mengetahui respon khlayak pada tahap dimensi Perhatian, Pengertian / Pengetahuan, Penerimaan / Penafsiran terhadap Program Berita “World News” pada target Audienc antara 20 – 49 tahun keatas yang berdasarkan Jenis Kelamin, Domisili, Usia, Pendidikan, Pekerjaan Responden. Program berita “World News” melalui formula Harold Lasswel sebuah proses komunikasi dimana dengan menjawab pertanyaan Who, Say What, In Whit Chanel, To Whom,With What Effect. Acuan penelitiaan ini berdasarkan teori S–O–R yang merupakan Stimulus, Organisme, Response yang dikembangkan oleh De Fleur yang berkenaan dengan tanggapan atau prilaku seseorang dalam proses komunikasi yang menimbulkan efek komunikasi yaitu efek kognitif, efek afektif dan konatif atau behavorial. Tipe penelitian yang digunakan bersifat Deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan metode Survey dalam mengambil sample dari populasi dengan menggunakan kuesioner dalam pengambilan data. Dengan mengunakan teknik Propotioned Stratified Random Sampling dan Purposive Sampling dan terpilih 97 orang yang dijadikan responden penelitian dari 4.843 jiwa penduduk RW.06 Joglo Baru. Hasil penelitian menunjukan 87 responden atau 89,69 % pemirsa Joglo Baru RW.06 Kel.Joglo Kec.Kembangan Jakarta Barat bersikap positif terhadap program berita “World News” di Metro TV ini menunjukan respon dari khalayak dapat menerima tayangan atau dalam pengertian program berita tersebut memberikan tampilan atau sajian yang menarik bagi pemirsa dan dapat diterima secara postif oleh masyarakat Joglo Baru RW.06 secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 071
Call Number: SK/09/019
NIM/NIDN Creators: 04101-019
Uncontrolled Keywords: Respon khalayak, program berita, world news, metro tv, studi deskriptif
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 04:54
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28168

Actions (login required)

View Item View Item