Metode pengelolaan konflik antar atasan dan bawahan di PT Bank Bumiputera Indonesia Tbk

Chan, Yurnalis (2008) Metode pengelolaan konflik antar atasan dan bawahan di PT Bank Bumiputera Indonesia Tbk. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Konflik adalah merupakan sebuah interaksi pertentangan ataupun sebuah perbedaan persepsi yang dikomunikasikan diantara dua orang atau lebih pihak. Konflik sering kali menjadi polemik dalam setiap kehidupan tak terkecuali pada sebuah perusahaan besar sekalipun. Banyak hal yang berpotensi menimbulkan konflik, seperti kebijakan-kebijakan manajemen perusahaan. Seperti konflik antar atasan dan bawahan yang terjadi PT. Bank Bumiputera, Tbk yang disebabkan oleh ketidakpahaman dan ketidakpuasan pegawai terhadap kebijakan manajemen yang mengatur penggajian karyawan dan kegiatan program promosi. Ini membuat bagian Public Relations harus bekerja ekstra untuk mengatasi konflik yang ada agar permasalahan konflik tidak meluas dan dapat mengganggu produktifitas dan kinerja perusahaan. Adapun perumusan masalah yang akan dikaji yaitu bagaimana metode yang diterapkan oleh Public Relations PT. Bank Bumiputera, Tbk didalam mengelola konflik antar atasan dan bawahan.Untuk itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode yang di terapkan oleh Public Relations didalam mengelola konflik Teori yang digunakan didalam pengelolaan konflik adalah dengan mengunakan metode pengelolaan konflik yang didapat dari konsep T. Hani Handoko. Terdapat tiga metode pengelolaan konflik yang akan digunakan didalam penelitian, antara lain: metode stimulasi konflik, metode pengurangan konflik dan metode penyelesaian konflik. Sifat penelitian ini adalah deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang dilakukan melalui wawancara mendalam dan analisis data. Hasil dari penelitian ini adalah Public Relations PT. Bank Bumiputera, Tbk telah menerapkan satu dari tiga metode pengelolaan konflik. Metode pengelolaan konflik yang digunakan adalah metode penyelesaian konflik yang lebih kepada metode kompromi yaitu berupa mensosialisasikan kembali kebijakan perusahaan untuk memperoleh pengertian dari para pegawai dan metode pemecahan masalah integratif yaitu berupa proses-proses diskusi. Selama penerapan pengelolaan konflik, kinerja Public Relations dapat dibilang baik karena konflik yang terjadi telah dapat diselesaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 139
Call Number: SK/09/015
NIM/NIDN Creators: 04201-127
Uncontrolled Keywords: Metode pengelolaan konflik, antar atasan dan bawahan, di PT Bank Bumiputera Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 05:30
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28164

Actions (login required)

View Item View Item