Kecenderungan nilai berita, kualitas berita dan etika jurnalistik pada tayangan insert investigasi di trans tv periode mei 2008

Veizarina, Dara (2008) Kecenderungan nilai berita, kualitas berita dan etika jurnalistik pada tayangan insert investigasi di trans tv periode mei 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nilai Berita adalah yang aktual, disusun menurut kaidah jurnalistik, beritanya disampaikan berimbang, dan disiarkan dalam kesempatan pertama. Penamaan program yang didasarkan isinya, antara lain adalah program siaran berita. Etika Jurnalistik adalah landasan moral profesi dan rambu-rambu atau kaidah penuntun sekaligus pemberi arah kepada wartawan tentang apa yang seharusnya dilakukan dan apa yang seharusnya dihindari dalam tugas-tugas jurnalistik. Kode etik jurnalistik bersifat otonom, artinya kode etik jurnalistik dibuat dari, oleh, untuk wartawan yang tergabung dalam suatu organisasi profesi, kemudian berikrar untuk melaksanakannya. Oleh karena itu, permasalahan yang diteliti adalah Kecenderungan nilai berita dan etika jurnalistik terhadap tayangan Insert Investigasi, sedangkan tujuannya adalah mengetahui Kecenderungan nilai berita dan etika jurnalistik terhadap tayangan Insert Investigasi di Trans Tv pada periode Bulan Mei tahun 2008. Penelitian ini berdasarkan kerangka pemikiran mengenai komunikasi, komunikasi massa, televisi sebagai saluran media, berita, nilai berita, etika jurnalistik, meliputi: Significance (penting), Magnitude (besar), Timeliness (waktu), Proximity (dekat), Prominence (tenar), dan Human Interest (manusiawi). Secara umum prinsip Kode Etik Jurnalistik mengandung : Kebenaran (truthfull) informasi, Kejelasan (clarity) informasi, Pembelaan atas hak publik, Responsilibitas dalam membentuk opinion public, Standard pengumpulan dan penyiaran informasi, Respek pada integritas sumber. Penelitian ini dilakukan dengan tipe penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian analisis isi, menganalisisdalam semua bentuk komunikasi. Hasil penelitian menunjukkan secara keseluruhan tayangan Insert Investigasi di Trans TV periode Mei 2008 pada kategori nilai berita cenderung pada human interest (manusiawi) yaitu kejadian yang memberikan sentuhan perasaan bagi pembaca, kejadian yang menyangkut orang biasa dalam situasi luar biasa atau orang besar dalam situasi biasa. Ini dikarenakan topik yang digunakan sebagai bahasan utama adalah mengenai kehidupan para artis, sehingga sisisisi manusiawinya lebih ditonjolkan ketimbang yang lain. Hal tersebut terlihat dari 50% atau sebanyak 3 edisi menampilkan sisi manusiawi dari para artis pada tayangan Insert Investigasi periode Mei 2008. Pada etika jurnalistik seluruh pemberitaan tayangan Insert Investigasi periode Mei 2008 menyangkut pada pasal 9 yang diatur dalam Kode Etik Jurnalisti (KEJ) Persatuan Wartawan Indonesa (PWI) yang menyebutkan bahwa wartawan Indonesia menghormati hak narasumber tentang kehidupan pribadinya, kecuali untuk kepentingan publik. Jadi, tayangan insert Investigasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 135
Call Number: SK/09/012
NIM/NIDN Creators: 4410401-039
Uncontrolled Keywords: Kecenderungan nilai berita, kualitas berita, etika jurnalistik, tayangan insert investigasi, trans t
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 04 Jun 2017 04:43
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28161

Actions (login required)

View Item View Item