Aktivitas humas sub bagian penerangan DPR RI dalam program kunjungan studi masyarakat di DPR RI (periode Februari - Maret 2008)

Heryani, (2008) Aktivitas humas sub bagian penerangan DPR RI dalam program kunjungan studi masyarakat di DPR RI (periode Februari - Maret 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Heryani ( 04202-039 ) Aktivitas Humas Sub Bagian Penerangan DPR RI Dalam Program Kunjungan Studi Masyarakat di DPR RI Vii+71 Halaman dan 15 Lampiran Bibliografi : 30 Acuan ( 1978 – 2007 ) Tujuan umum dari Aktivitas Humas Sub bagian Penerangan DPR RI dalam Program Kunjungan Masyarakat di DPR RI adalah memberikan penerangan/informasi dan pengetahuan mengenai mekanisme kerja dan ruang lingkup di DPR RI. Humas Sub Bagian Penerangan DPR RI mempunyai tugas untuk memberikan informasi dan penerangan kepada masyarakat tentang mekanisme kerja DPR RI. Humas DPR RI juga bertindak sebagai fasilitator dalam mempertemukan masyarakat dengan para wakilnya, karena DPR RI merupakan sebuah lembaga tinggi negara yang khususnya menangani dan melayani masyarakat terhadap kebijakan pemerintah. Informasi yang disampaikan oleh Humas Sub Bagian Penerangan bertujuan agar masyarakat mengetahui bagaimana ruang lingkup yang ada di DPR RI, baik dari segi sejarah, cara kerja, cara persidangan, komposisinya serta bagaimana tata tertibnya. Dengan demikian Humas menjadi tumpuan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan penyaluran kepada DPR RI. Konsep penelitian yang digunakan, mengacu pada konsep Scoot M. Cultip dan Allen H. Center yaitu proses perencanaan program kerja yang menjelaskan yang biasa dilakukan dalam proses humas dalam menyusun strategi, yakni planning, communication dan evaluation. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memperoleh data atau informasi dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa narasumber dan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Aktivitas Humas Sub Bagian Penerangan DPR RI dalam program kunjungan masyarakat di DPR RI adalah memberikan penerangan atau informasi mengenai mekanisme kerja para Dewan serta ruang lingkup DPR RI kepada masyarakat yang berkunjung ke DPR RI, dengan melakukan tugas Humas yaitu mengkomunikasikan, menginformasikan, dan mensosialisasikan. Humas DPR RI dapat membina hubungan yang luas dengan masyarakat untuk meningkatkan citra positif di mata masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 080
Call Number: SK/09/009
NIM/NIDN Creators: 04202-039
Uncontrolled Keywords: Aktivitas humas, sub bagian penerangan, program kunjungan studi masyarakat, DPR RI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 05:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28158

Actions (login required)

View Item View Item