Rafdayani, Dewi (2008) Kampanye public relations dalam kegiatan menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang konversi minyak tanah ke elpiji 3 kg melalui program juru penerang mobile. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Nama : Dewi Rafdayani NIM : 04202-021 Judul Skripsi : Kampanye Public Relations dalam Kegiatan Menyosialisasikan dan Mengedukasi Masyarakat tentang Konversi Minyak Tanah ke Elpiji 3 Kg melalui Program Juru Penerang Mobile (Studi Kasus pada PT. Pertamina (Persero), Tbk) Bibliografi : 28 Buku (1987-2005) Kampanye merupakan media kehumasan yang sering digunakan oleh perusahaan untuk menyampaikan pesan pesuasif kepada khalayak sasaran. Pesan yang diberikan akan sampai secara efektif tergantung dengan teknik yang digunakan pada kampanye tersebut. Begitu juga kampanye yang dilakukan oleh PR PT. Pertamina (Persero), Tbk, juga perlu memperhatikan langkah-langkah yang akan digunakan untuk penggiatan program kampanyenya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh PR PT. Pertamina (Persero), Tbk, dalam kegiatan menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang Konversi Minyak Tanah ke Elpiji 3 Kg melalui program Juru Penerang Mobile. Penelitian ini mengacu pada konsep Rosady Ruslan tentang langkah-langkah penggiatan program kampanye Public Relations. Konsep tersebut terdiri dari analisis situasi, merumuskan tujuan dan target waktunya, menentukan publiknya, menentukan media, menetapkan anggaran untuk kampanye tersebut, kegiatan program kampanye, dan analisis hasil program dan aplikasinya. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan metode penelitiannya studi kasus. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisa triangulasi dengan mencocokkan tiga jenis data yang telah dikumpulkan yaitu melalui wawancara, observasi, dan kepustakaan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah dari tujuh (7) konsep Rosady Ruslan tentang langkah-langkah penggiatan program kampanye, PR PT. Pertamina (Persero), Tbk mengimplementasikannya hanya empat (4) saja yakni, merumuskan tujuan dan target waktunya, menetapkan anggaran untuk kampanye tersebut, kegiatan program kampanye, dan analisis hasil program dan aplikasinya. Artinya bahwa, ada 3 konsep yang tidak diterapkan pada kampanye yang dilakukan PR PT. Pertamina (Persero), Tbk, yakni analisis situasi, menentukan publiknya, dan menentukan media.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 092 |
Call Number: | SK/09/003 |
NIM/NIDN Creators: | 04202-021 |
Uncontrolled Keywords: | Kampanye public relations, kegiatan menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat, konversi minyak ta |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 11 Dec 2008 13:07 |
Last Modified: | 05 Jun 2017 05:11 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28153 |
Actions (login required)
View Item |