Hubungan komunikasi antar pribadi guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 32 Jakarta Setalan

Prasetio, Awan (2008) Hubungan komunikasi antar pribadi guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 32 Jakarta Setalan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI AWAN PRASETYO (04201 - 154) Jurusan Hubungan Masyarakat “Hubungan Komunikasi Antarpribadi Guru dan Siswa Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri 32 Jakarta” i – ix + 119 halaman + 25 Bibliografi (1976 – 2006)+ 3 Sumber Lain Jalinan komunikasi antarpribadi guru dan siswa yang melemah dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dan dapat menimbulkan perilaku pada siswa yang menyimpang. Seperti terjadinya tindak kekerasan pada siswa juniornya yang dilakukan oleh seniornya, tawuran antarpelajar, dan menggunakan narkoba. Efek dari perilaku siswa yang menyimpang ini yakni dapat menurunkan indeks prestasi sekolah dan tingkat kelulusan yang tinggi. Oleh karena itu, peranan komunikasi antarpribadi guru dengan siswanya begitu penting untuk memotivasi belajar yang lebih tinggi lagi. Dari latar belakang masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar siswa SMA Negeri 32 Jakarta dan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi antarpribadi guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 32 Jakarta Selatan Kemudian teori yang digunakan adalah komunikasi antarpribadi yang berlangsung secara tatap muka yang meliputi adanya sikap keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan keselarasan. Lalu untuk motivasi belajarnya menggunakan teori dari Kurt Lewin, dimana seseorang termotivasi belajarnya dikarenakan belajar dapat menimbulkan perubahan kognitif (pengetahuan), siswa termotivasi belajarnya dikarenakan ingin mendapatkan hadiah, dan telah mengalami sukses sebelumnya dengan begitu siswa akan mengulanginya kembali. Sifat penelitian ini adalah Deskriptif – korelasional dengan pendekatan kuantitatif dan jumlah populasi ini sebanyak 892 orang pelanggan dengan teknik pengambilan sampel secara Proportioned Stratified Random Sampling, maka diperoleh jumlah sampel sebanyak 90 orang. Hasil penelitian hubungan komunikasi antarpribadi guru dan siswa dengan motivasi belajar siswa SMA Negeri 32 Jakarta Selatan sebesar 0,524 yang berdasarkan interpretasi pedoman koefisien korelasi berada pada jarak interval 0,40 – 0,599 yang termasuk ke dalam kategori hubungan sedang. Hal ini berarti jalinan hubungan komunikasi antarpribadi guru dan siswa telah terbina sangat baik sehingga menjadi lebih mudah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 141
Call Number: SK/09/001
NIM/NIDN Creators: 04201-154
Uncontrolled Keywords: komunikasi antar pribadi, guru dan siswa, motivasi belajar siswa SMA
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 11 Dec 2008 13:07
Last Modified: 05 Jun 2017 05:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28151

Actions (login required)

View Item View Item