Persepsi masyarakat Rw 04 Kp Sawah dalam pinang Tangerang Banten thd tayangan berita kriminal Sergap di RCTI (Periode Juni 2008)

Fatiharjana, Aprian (2008) Persepsi masyarakat Rw 04 Kp Sawah dalam pinang Tangerang Banten thd tayangan berita kriminal Sergap di RCTI (Periode Juni 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Sebagai alat informasi media massa mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses penyebaran komunikasi, Televisi sebagai bagian dari kebudayaan audio visual yang merupakan medium paling berpengaruh dalam membentuk sikap dan kepribadian masyarakat secara luas. Beragamnya tayangan beita membuat pihak stasiun televisi nasional, swasta, maupun lokal berlombalomba menyajikan tayangan yang mampu menarik simpati masyarakat. SERGAP merupakan salah satu tayangan berita yang di produksi oleh RCTI, Tayangan berita SERGAP ini memiliki audience yang cukup banyak didaerah Tangerang Banten. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah sejauhmana Persepsi Masyarakat RW 04 Kp. Sawah Dalam Pinang Tangerang Banten Terhadap Tayangan Berita Kriminal SERGAP di RCTI. Tujuannya yaitu ingin mengetahui persepsi yang didapat setelah menyaksikan tayangan tersebut dengan melihat dari segi perhatian, pemahaman, dan pengetahuan dari isi, gambar dan presenter. Persepsi adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubunganhubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan; Dalam penelitian ini penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu hanya menjelaskan situasi dan peristiwa dan dimana hasilnya nanti diharapkan mampu menggabungkan dan menjabarkan fenomena fenomena yang terjadi dimasyarakat dalam kaitannya dengan topik penelitian. Adapun populasi yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah warga RW 04 Kp. Sawah dalam Pinang Tangerang Banten dengan jumlah keseluruhan penduduk sebanyak 3536 orang. Namun dalam penelitian ini penulis membatasi jumlah populasi, penulis hanya memilih populasi yang berusia 1765 tahun sebanyak 2304 jiwa. Secara keseluruhan berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini, Efek Tayangan Berita SERGAP Terhadap Masyarakat RW 04 Kp. Sawah dalam Pinang Tangerang Banten dapat dikatakan atau disimpulkan Baik / Positif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 051
Call Number: SK/09/206
NIM/NIDN Creators: 04103-090
Uncontrolled Keywords: Persepsi masyarakat, tayangan berita kriminal Sergap, RCTI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 04 Dec 2008 10:10
Last Modified: 05 Jun 2017 04:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28119

Actions (login required)

View Item View Item