Rahma, Vera Novita (2008) Tingkat pemahaman murid SDN Jatisari, SDN Sidoluhur dan SD Muh. Sangonan IV di Yogyakarta thd kampanye lifebouy berbagi sehat periode 2006-2007 (versi cuci tangan dengan sabun sehat awali hidup sehat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI VERA NOVITA RAHMA 44205110020 Isi IV+ 103hal, lampiran Penyakit diare masih sering menimbulkan kejadian luar biasa dengan jumlah penderita yang banyak dalam kurun waktu yang singkat. Faktor penyebab diare adalah sanitasi lingkungan, gizi, tingkat pendidikan rendah dan perilaku masyarakat. Yogyakarta merupakan salah satu daerah dengan jumlah penderita diare yang tinggi mencapai 230 per 1.000 orang. “Kampanye Lifebouy Berbagi Sehat: Cuci Tangan dengan Sabun Awali Hidup Sehat” mempunyai tujuan utama untuk membangun sikap positif masyarakat Indonesia tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman khalayak terhadap kampanye “Lifebout Berbagi Sehat: Cuci Tangan dengan Sabun Awali Hidup Sehat Periode 2006-2007”. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah deskriptif dengan menggunakan metode survey melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan konsep Kampanye dan Efek Kampanye hingga tahap pemahaman. Penelitian di lakukan di SD Jatisari – Sleman, SD Sidoluhur – Godean dan SD Muh. Sangonan IV – Godean, Yogyakarta. Dengan metode purposive sampling, populasi sampling sejumlah 204 orang, dijadikan sample penelitian. Penelitian dilakukan pada tanggal 27-28 Juni dan 15 Agustus 2008 di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukan tingkat pemahaman (Kognitif) terhadap Kampanye Lifebouy Berbagi Sehat: Cuci Tangan dengan Sabun Awali Hidup Sehat, sebanyak 65% responden memiliki tingkat pemahaman (kognitif) yang tinggi terhadap kampanye ini. Secara keseluruhan pesan sangat dipahami oleh khalayaknya. Hal ini berarti bahwa Kampanye ”Lifebouy Berbagi Sehat: Cuci Tangan dengan Sabun Awali Hidup Sehat” telah sampai pada efek kampanye public relations pada tingkat kognitif yaitu keyakinan atau pemahaman terhadap suatu obyek.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 046 |
Call Number: | SK/09/205 |
NIM/NIDN Creators: | 44205110020 |
Uncontrolled Keywords: | kampanye lifebouy, Tingkat pemahaman murid SDN |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 03 Dec 2008 15:14 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 04:41 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28118 |
Actions (login required)
View Item |