Pemaknaan youth islamic study club (YISC) Al-Azhar thd simbol islam yang digunakan sbg citra partai politik di Indonesia

Atina, Rizki (2008) Pemaknaan youth islamic study club (YISC) Al-Azhar thd simbol islam yang digunakan sbg citra partai politik di Indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Sistem Pemilu 2009 menggunakan sistem multi partai. Hal ini selain mengakibatkan tingginya persaingan antar partai politik juga mempersulit strategi Humas partai dalam menanamkan identifikasi partai kepada masyarakat. Salah satu strategi klasik Humas Partai yang masih dianggap relevan adalah strategi demografi – agama Islam. Islam sebagai agama yang dianut oleh mayoritas penduduk Indonesia dianggap masih memiliki peran penting dalam menentukan keberpihakan suara masyarakat. Fokus penelitian ini kemudian mempersempit lingkupnya ke dalam (i) mengetahui pengetahuan YISC Al-Azhar mengenai simbol-simbol Islam dan maknanya; (ii) mengetahui kesadaran YISC Al-Azhar terhadap penggunaan simbol Islam oleh partai politik dan pesan yang dapat mereka tangkap atas fenomena tersebut; (iii) mengetahui penerimaan YISC Al-Azhar terhadap pemakaian simbol agama tersebut dalam politik umunya, serta partai khususnya. Masyarakat YISC Al-Azhar, adalah sebuah wadah komunitas umat Islam muda untuk saling berbagi pengetahuan Islam. Pergerakan YISC Al-Azhar dan komunitasnya merupakan suatu daya tarik sendiri dan pemikiran mereka tentang sistem politik dan Islam adalah suatu hal yang menarik. YISC Al-Azhar adalah tempat dimana pemuda Islam belajar mengenai agamanya sendiri sehingga peneliti menyimpulkan tidak ada tempat yang lebih mengena ketika membicarakan Islam dan politik kepada pemuda Islam di komunitas Islaminya sendiri. Penelitian ini bahkan semakin menarik bahwa dari pemaknaan itu sendiri kemudian terlihat pemetaan atas pola pikir masyarakat YISC Al-Azhar mengenai subyek yang diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 054
Call Number: SK/09/195
NIM/NIDN Creators: 44205110104
Uncontrolled Keywords: citra partai politik, Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Dec 2008 15:04
Last Modified: 04 Jun 2017 04:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28109

Actions (login required)

View Item View Item