Respon khalayak pada tataran kognitif dan afektif thd iklan promo hoka-hoka bento, hoka hemat versi ninja di televisi (Survey pada mahasiwa PKK UMB tahun 2006 - 2007)

Priyanto, Hari (2008) Respon khalayak pada tataran kognitif dan afektif thd iklan promo hoka-hoka bento, hoka hemat versi ninja di televisi (Survey pada mahasiwa PKK UMB tahun 2006 - 2007). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Salah satu paket menu makanan Hoka Hoka Bento, Hoka Hemat beriklan di media televisi. Iklan promo Hoka Hoka Bento, Hoka Hemat versi “Ninja” dengan menampilkan unsur-unsur iklan dan memiliki keunikan untuk diteliti. Permasalahan yang ingin diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana respon khalayak pada tataran kognitif dan afektif terhadap iklan promo Hoka Hoka Bento, Hoka Hemat versi “Ninja” di televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori Lavidge-Gary Steiner dimana kita melihat motif kognitif iklan dengan kesadaran (awareness) dan pengetahuan (knowledge) membangkitkan rangsangan keinginan dan motif afektif berada dengan kesukaan (liking) dan pertimbangan (preference) yang merupakan area emosi iklan dimana iklan mengubah prilaku dan perasaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan tipe penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menyebarkan kuisioner terhadap 91 responden, yaitu mahasiswa PKK Fikom Universitas Mercu Buana yang pernah menyaksikan iklan Hoka Hoka Bento, Hoka Hemat versi Ninja. Teknik penarikan sample berdasarkan convinience sampling. Hasil penelitian 71 responden melihat iklan dan 20 responden tidak, sehingga 71 responden menunjukkan pada tahap respon kognitif khalayak dengan perhatian kesadaran dan pengetahuan terhadap unsur-unsur iklan promo Hoka Hoka Bento, Hoka Hemat versi “Ninja” dalam katagori tinggi dan pada tahap respon afektif berada dengan kesukaan dan pertimbangan terhadap unsur – unsur iklan promo Hoka Hoka Bento, Hoka Hemat versi “Ninja” di stasiun televisi berada dalam katagori tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian tahap kognitif dan afektif, responden menginterpretasikan unsur iklan promo Hoka Hoka Bento, Hoka Hemat versi “Ninja” hasil yang keduanya ternyata tinggi, artinya respon terhadap unsur-unsur iklan tersebut sudah tepat dan sesuai dengan keadaan yang ada pada iklan promo Hoka Hoka Bento, Hoka Hemat versi “Ninja”.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 034
Call Number: SK/09/194
NIM/NIDN Creators: 4430412-020
Uncontrolled Keywords: Respon khalayak, tataran kognitif dan afektif, iklan promo hoka-hoka bento, hoka hemat versi ninja,
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 03 Dec 2008 15:03
Last Modified: 04 Jun 2017 04:41
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/28108

Actions (login required)

View Item View Item