Representasi nilai-nilai budaya dalam iklan susu kental manis bendera versi ini teh susu, susu buat tulang dan buat beli saja pada iklan televisi ( studi semiotika thd iklan televisi PT Frisian Flag Indonesia )

Firmansyah, Rizki (2008) Representasi nilai-nilai budaya dalam iklan susu kental manis bendera versi ini teh susu, susu buat tulang dan buat beli saja pada iklan televisi ( studi semiotika thd iklan televisi PT Frisian Flag Indonesia ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Iklan dengan menggunakan nilai-nilai kebudayaan yang dikemas melalui penggunaan dialek daerah yang berasal dari salah satu kebudayan tertentu di Indonesia masih menjadi suatu area yang kurang menjanjikan untuk digunakan sebagai daya tarik pesannya. Apalagi dengan maraknya iklan yang cenderung mengadopsi kebudayaan asing. Ketiga tampilan iklan televisi susu kental manis bendera ini merupakan salah satu iklan yang jeli melihat situasi dan kondisi permasalahan tersebut. Permasalahan dalam penelitian yang dilakukan adalah bagaimana pengiklan menggunakan tanda-tanda berikut makna yang berhubungan dengan nilai-nilai budaya ke dalam iklan, dan ideologi apa yang tersembunyi di balik mitos yang ditawarkan oleh pengiklan. Penelitian ini menggunakan konsep tentang budaya tertentu yang ada di Indonesia yakni budaya Sunda-Jawa, Batak-Padang, Bali dan Betawi yang terdapat didalam ketiga iklan televisi susu kental manis bendera tersebut. Kemudian untuk memaknai tanda-tanda tersebut. Maka digunakanlah pendekatan studi semiotika untuk melihat bagaimana tanda-tanda tersebut berperan dalam proses komunikasi dan berinteraksi untuk kemudian menciptakan suatu makna/pesan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode semiotika dari Roland Barthes yang memilah muatan pesan iklan menjadi pesan linguistik, pesan ikonik tak terkodekan dan pesan ikonik yang terkodekan. Sebagai unit analisis yaitu iklan susu kental manis bendera versi Ini Teh Susu, Susu Buat Tulang dan Buat Beli Saja . Kemudian data dianalisis dengan makna denotasi dan makna konotasi. Dari hasil penelitian menunjukkan mitos yang ditemukan adalah mitos budaya Indonesia menegakkan harmoni dalam hubungannya dengan alam semesta dan masyarakat, membawa ideologi Pluralisme kedalamnya. Pemanfaatan ideologi Pluralisme yang diangkat kedalam masalah sosial seperti ini turut berperan didalam memupuk pemahaman dan kesadaran akan keberagaman budaya yang membawa pada kemampuan beradaptasi, menerima perbedaan, membangun hubungan yang luas, dan mengatasi konflik yang berakar pada perbedaan budaya, serta memenangkan globalisasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 044
Call Number: SK/09/188
NIM/NIDN Creators: 04303-089
Uncontrolled Keywords: Representasi nilai-nilai budaya, iklan susu kental manis bendera versi ini teh susu, susu buat tulan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 Nov 2008 11:20
Last Modified: 05 Jun 2017 07:26
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27969

Actions (login required)

View Item View Item