Kualitas news anchor dalam pemberitaan di televisi ( studi kasus pada program berita seputar indonesia di RCTI periode 2008

Ariyanti, Fiki (2008) Kualitas news anchor dalam pemberitaan di televisi ( studi kasus pada program berita seputar indonesia di RCTI periode 2008. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Fiki Ariyanti Kualitas News Anchor Dalam Pemberitaan di Televisi (Studi Kasus Pada Program Berita Seputar Indonesia RCTI Periode 2008) x + hal + 8 lampiran Bibliografi : 15 acuan (1987 – 2006) + 3 acuan sumber lain (2007 – 2008 ) Dewasa ini, keberadaan penyaji berita (anchor) di televisi sama menariknya dengan kalangan selebriti. Performa mereka cukup banyak menyedot perhatian khalayak yang berdampak pada posisi mereka di mata masyarakat. Dalam sebuah pemberitaan di televisi hendaknya dapat dilihat dari kualitas yang ada pada anchor. Karena kualitas dari anchor akan dapat menunjang program berita yang dibawakannya. Oleh karena itu pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kualitas news anchor dalam pemberitaan di televisi pada program berita Seputar Indonesia di RCTI periode 2008. Tujuannya adalah ingin mengetahui bagaimana kualitas news anchor dalam pemberitaan di televisi pada program berita Seputar Indonesia RCTI periode 2008. Di dalam penelitian ini, kualitas yang dimaksud adalah syarat atau kriteria yang harus dipenuhi seorang penyaji berita (news anchor) dalam sebuah pemberitaan televisi. Syarat atau kriteria tersebut mencakup 8 (delapan) kriteria seperti kemampuan jurnalistik dan intelektualitas, penampilan dan kesehatan fisik, kemampuan olah vokal, komunikatif, profesionalitas, kepribadian, otoritas, kredibilitas. Peneliti juga ingin mengetahui apakah 8 (delapan) kriteria tersebut juga digunakan oleh Redaksi RCTI sebagai bahan pertimbangan dalam memilih news anchor pada program berita Seputar Indonesia. Peneliti mengumpulkan data-data melalui wawancara mendalam dengan eksekutif produser Seputar Indonesia Yulia Supadmo, koordinator anchor RCTI Ade Novit dan anchor Seputar Indonesia Putra Nababan. Peneliti juga menggunakan triangulasi data dengan mewawancarai dua orang penonton yaitu Yono Maulana dan Lita untuk memberikan penilaian terhadap kualitas anchor Seputar Indonesia. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas news anchor Seputar Indonesia yang dilihat dari 8 (delapan) kriteria tersebut dan dalam menyajikan berita secara keseluruhan sudah baik dalam pemberitaan di RCTI dan dimata penonton serta 8 (delapan) kriteria tersebut juga digunakan oleh redaksi RCTI dalam memilih anchor. Oleh karena itu kepada pihak redaksi RCTI khususnya Seputar Indonesia diharapkan untuk dapat mempertahankan para anchor yang memiliki potensi atau kualitas diri.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 072
Call Number: SK/09/178
NIM: 4410401-106
Uncontrolled Keywords: Kualitas news anchor, pemberitaan televisi, studi kasus, program berita seputar indonesia, RCTI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 27 Nov 2008 09:54
Last Modified: 04 Jun 2017 04:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27959

Actions (login required)

View Item View Item