Identifikasi fungsi public relations PT Adira Finance dalam pelaksanaan program coorporate social responsibility (CSR)

Suryani, Dewita (2008) Identifikasi fungsi public relations PT Adira Finance dalam pelaksanaan program coorporate social responsibility (CSR). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Corporate Social Responsibility (CSR), merupakan wacana yang sedang mengemuka di dunia bisnis atau perusahaan. Penerapan CSR sudah merupakan kewajiban bagi seluruh perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya alam dimana pun di dunia ini, tidak hanya memburu profit tetapi harus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat (people) dan berperan aktif dalam menjaga kelestarian alam (Planet). PT.Adira Finance merupakan perusahaan pembiayaan terbesar di Indonesia dan beresiko tinggi dalam masalah sosial. Perusahaan merasa perlu melakukan kegiatan sosial bagi masyarakat sekitarnya. Perusahaan melakukan kegiatan CSR, walaupun bidang usaha perusahaan bukan sumber daya alam, sebagai wujud tanggung jawab dan kewajiban sosial terhadap masyarakat serta kebijakan bisnis perusahaan yang berorientasi kepada kesadaran sosial terhadap lingkungan sekitar. Dalam pelaksanaannya, bekerja sama dengan Yayasan Increso yang didirikan oleh perusahaan untuk melaksanakan semua kegiatan sosial atau CSR dalam bidang kesehatan. Tinjauan pustaka yang digunakan meliputi definisi dan tujuan komunikasi, pengertian komunikasi organisasi, definisi, fungsi dan tugas serta peran PR, definisi CSR, manfaat dan program CSR. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi fungsi public relations PT. Adira Finance dalam pelaksanaan program Coorporate Social Responsibility. Penelitian ini difokuskan pada pelaksanaan program CSR yang berhubungan dengan peran dan fungsi seorang Public Relations pada perusahaan. Tipe Penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode penelitiannya adalah studi kasus. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisa data hasil observasi dengan filling system dan mendeskripsikan hasil wawancara secara kualitatif . Hasil penelitian yang didapat, Adira Finance tidak memiliki public relations tetapi memiliki unit-unit yang menjalankan peran dan fungsi Public Relations yakni dijalankan oleh divisi Human Resources Development and General Affair (HRDGA). Peran PR yang dijalankan antara lain Fasilitator Komunikasi dan Teknisi Komunikasi. sedangkan dua peran yang lain yakni Penasehat Ahli Komunikasi dan Fasilitator Proses Pemecah masalah tidak dijalankan sepenuhnya karena masih adanya campur tangan pihak manajemen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, walaupun Adira Finance tidak memiliki seorang public relations tetapi Perusahaan dan Yayasan dapat menjalankan kegiatan CSR dengan peran dan fungsi public relations sebagaimana mestinya, pelaksanaannya pun cukup terkoordinasi dengan baik antara unit-unit organisasi terkait melalui proses komunikasi yang baik dan tahapan-tahapan sesuai dengan strategi humas.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 146
Call Number: SK/09/170
NIM/NIDN Creators: 44205120008
Uncontrolled Keywords: fungsi public relations, PT Adira Finance, program coorporate social responsibility (CSR)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 24 Nov 2008 18:45
Last Modified: 04 Jun 2017 04:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27951

Actions (login required)

View Item View Item