Efek kognitif, afektif, dan konatif tayangan euro 2008 di RCTI thd remaja komplek pengadegan utara Jakarta Selatan

Raharjo, Ramadhan Catur (2008) Efek kognitif, afektif, dan konatif tayangan euro 2008 di RCTI thd remaja komplek pengadegan utara Jakarta Selatan. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Kehidupan masyarakat saat ini tidak dapat dipisahkan dari media massa. Pada era informasi ini, televisi merupakan salah satu media yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Berbagai informasi dan hiburan dapat kita dapatkan dari televisi. Salah satu tayangan olahraga yang cukup diminati dan populer dikalangan masyarakat Jakarta adalah Piala Eropa. Piala Eropa merupakan ajang fenomenal dunia sepak bola yang sangat membumi. Menjadi dikenal seluruh masyarakat di dunia tidak terlepas dari peran media sebagai alat publikasinya. Siaran Piala Eropa memiliki loyalitas penonton yang sangat tinggi. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah bagaimana efek tayangan Piala Eropa 2008 di RCTI terhadap remaja usia 12-24 tahun di Komplek Pengadegan Utara Jakarta Selatan. Tujuannya yaitu ingin mengetahui efek yang didapat setelah menyaksikan tayangan tersebut dengan melihat dari segi kognitif, afektif dan konatif. Efek sendiri merupakan sesuatu yang dihasilkan yang mempengaruhi seseorang atau sesuatu lainnya. Efek kognitif adalah efek yang berhubungan dengan pengetahuan, efek afektif adalah efek yang berhubungan dengan perasaan dan efek konatif adalah efek yang menimbulkan action. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Lasswell, yaitu whosays- what-in which channel-to whom-with what effect. Disamping itu, penelitian ini juga didasarkan pada teori bahwa komunikasi yang efektif adalah komunikasi yang dilancarkan sedemikian rupa sehingga menimbulkan efek kognitif (pengetahuan), afektif (perasaan) dan konatif (sikap). Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penulis membagikan kuesioner yang akan dijawab oleh responden terpilih. Hasil penelitian menunjukkan terpaan tayangan Piala Eropa 2008 di RCTI terhadap remaja Komplek Pengadegan Utara cukup tinggi. Terutama untuk terpaan efek kognitif dan afektif. Sementara itu, terpaan efek konatif masih belum optimal mengubah pola perilaku remaja komplek tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini adalah efek kogntif dan afektif yang cukup signifikan dan efek konatif yang tidak terlalu signifikan terhadap responden. Hal itu sangat jelas tergambar dengan banyaknya responden yang menyatakan pengetahuannya bertambah usai menyaksikan tayangan Piala Eropa di RCTI. Begitu pula dengan perubahan emosi. Namun dari segi pola sikap dan tingkah laku tidak ada perubahan berarti pada sikap dan tingakh laku mereka. Saran yang utama dari penelitian ini adalah bagaimana memberikan pengetahuan, dan contoh nyata bagi khalayak pencinta sepak bola dalam negeri akan sepak bola yang baik dan berkualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 043
Call Number: SK/09/165
NIM/NIDN Creators: 4410411-030
Uncontrolled Keywords: Efek kognitif, afektif, konatif, tayangan euro 2008, RCTI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 24 Nov 2008 18:40
Last Modified: 04 Jun 2017 04:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27946

Actions (login required)

View Item View Item