Maemudin, Dedy (2008) Penerapan algoritma pencarian solusi minimax dengan alpha-beta pruning pada aplikasi permainan sederhana. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (SKRIPSI FULL)
0150212-052 Dedy Maemudin.pdf Restricted to Registered users only Download (547kB) |
Abstract
ABSTRAK Teknologi permainan komputer kini berkembang pesat sejalan dengan perkembangan teknologi informasi. Tidak semua permainan komputer hanya mengandalkan ketangkasan pemain dalam mengalahkan lawannya, tetapi butuh kemampuan dan kecerdasan logika pemain untuk menemukan solusi suatu penyelesaian permainan. Seperti halnya permainan catur yang merupakan contoh permainan yang menggunakan kecerdasan buatan. Selain permainan catur, ada banyak permainan lain yang menggunakan prinsip kecerdasan buatan, satu diantaranya yaitu permainan sederhana Deret-4. Permainan Deret-4 adalah suatu permainan papan yang berisi kolom-kolom untuk menyusun bola warna sehingga membuat satu garis lurus tanpa putus secara vertical, horizontal, maupun diagonal. Pemain berjumlah 2 orang yang mempunyai warna bola yang berbeda. Setiap pemain harus memiliki kecerdasan dalam melakukan langkah penyusunan sehingga baik bagi dirinya dan buruk bagi lawan. Permainan Deret-4 ini menggunakan algoritma Minimax dan Alpha-Beta Pruning. Prinsip algoritma tersebut yaitu mendapatkan langkah terbaik tetapi belum tentu terpendek. Algoritma tersebut juga digunakan komputer dalam melakukan langkah bermain apabila memilih lawan bermain dengan komputer.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FIK/INFO. 08 071 |
Call Number: | SIK/09/082 |
NIM/NIDN Creators: | 0150212-052 |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan buatan, permainan komputer, algoritma Minimax dan Alpha-Beta Pruning |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Informatika |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 21 Nov 2008 14:23 |
Last Modified: | 26 Dec 2022 04:30 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27897 |
Actions (login required)
View Item |