Efektifitas iklan pelumas pertamina versi pertamina pelumasku di tv thd minat beli bagi pemilik kendaraan roda empat di bengkel pasar senin jak-pus

Febriyani, (2008) Efektifitas iklan pelumas pertamina versi pertamina pelumasku di tv thd minat beli bagi pemilik kendaraan roda empat di bengkel pasar senin jak-pus. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Pertamina yang telah sekian lama mendominasi pasar nasional dalam bidang pelumas. Dengan munculnya Keppres no 21 membuat Pertamina tidak lagi memonopoli pasar pelumas nasional sehingga pesaing pelumas baik dari dalam dan luar negeri ikut menyemarakan pasar pelumas nasional. Dengan persaingan tersebut, pihak Pertamina merasa perlu untuk mempertahankan produknya dari para pesaingnya dengan mempromosikan produknya melalui media televisi, sehingga konsumen yang sudah menggunakan produknya tetap setia menggunakan produk pelumasnya, dan juga untuk calon konsumen teratarik mengunakan produk pelumasnya. Salah satu versi iklan pelumasnya bertemakan ”Pertamina Pelumasku”. Dengan latar belakang tersebut, maka penulis tertarik untuk membuat penelitian denga judul ”Efektifitas Iklan Pelumas Pertamina versi ”Pertamina Pelumasku” di Televisi terhadap Minat Beli Bagi Pemilik Kendaraan Roda Empat di Bengkel Pasar Senen”. Dengan menggunakan metode penelitian survei yang bersifat eksplanatif, peneliti bermaksud untuk mengetahui apakah iklan pelumas tersebut efektif terhadap minat beli bagi para khalayak. Peneliti mengambil sample secara accidental di bengkel daerah Pasar Senen. Dengan menggunakan rumus korelasi spearmen dan regresi, penulis mencoba melihat efektifitas iklan terhadap minat beli khalayak. Dengan perhitungan SPSS menunjukkan koefisien realibilitas α=0,829 dan taraf signifikansi 1% (0,01) sehingga didapat nilai r=0,991 yang berarti bahwa nilai korelasi kuat dan dapat dikatakan adanya efektifitas kepada dua variabel sehingga dapat dilakukan uji regresi. Pada uji regresi didapat nilai rs=0,920 yang berarti bahwa 92% minat beli muncul dikarenakan penayangan iklan peluamas dan 8% ditimbulkan oleh hal lain, seperti lingkungan, keluarga, dan kebiasaan. Dari penelitian tersebut penulis menarik kesimpulan bahwa dari jawaban responden yang telah didapat melalui kuesioner yang telah disebarkan, menunjukkan bahwa iklan pelumas Pertamina versi ”Pertamina Pelumasku” efektif terhadap minat beli khalayak.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 090
Call Number: SK/09/160
NIM/NIDN Creators: 4430411-008
Uncontrolled Keywords: Efektifitas iklan, pelumas pertamina, versi pertamina pelumasku, tv, minat beli, pemilik kendaraan r
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2008 15:38
Last Modified: 04 Jun 2017 04:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27809

Actions (login required)

View Item View Item