Efek Kognitif, afektif, dan kognitif tayangan talk show empat mata di trans7 bagi remaja SMUN 3 depok Jawa barat

Azerina, Vivi (2008) Efek Kognitif, afektif, dan kognitif tayangan talk show empat mata di trans7 bagi remaja SMUN 3 depok Jawa barat. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Nama : Vivi Azerina NIM : 4410411-023 Judul : Efek Kognitif, Afektif, dan Konatif Tayangan Talkshow “Empat Mata” di TRANS 7 Bagi Remaja SMUN 3 Depok Jawa Barat. Bilibiograf : 75 Halaman, 28 Grafik, 13 Judul Acuan Buku Perkembangan siaran televisi di Indonesia, didahului oleh kuatnya posisi tayangan televisi sebagai media hiburan. Fenomena yang terjadi sekarang pada industri pertelevisian membawa konsekuensi pada pengelolaan stasiun televisi bersaing dengan ketat dalam menyuguhkan program-programnya yang membidik penonton dengan berbagai segmen. Kreatifitas format program tersebut terus dikembangkan oleh para praktisi penyiaran televisi sesuai keinginan dan kebutuhan khalayak yaitu diproduksi dengan berbagai format yang menarik seperti misalnya program Talkshow, seperti salah satu acara talkshow dan sekian banyak talkshow di televisi yaitu program talkshow “Empat Mata” di TRANS7 yang hingga saat ini telah bertahan selama hampir 2 tahun. Secara garis besar studi efek media yg terjadi meliputi tiga hal yaitu efek yang bersifat kognatif, afektif dan konatif. Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana efek kognitif, afektif dan konatif tayangan talk show Empat Mata di TRANS7 terhadap remaja pelajar kelas 3 SMUN 3 Depok, Jawa Barat. Adapun tujuan dari penelitaian ini adalah untuk mengetahui efek kognitif, afektif dan konatif tayangan talk show Empat Mata di TRANS7 terhadap remaja. Teori pendukung yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya adalah komunikasi masa dan karakteristiknya, televisi sebagai saluran media massa dan informasi, serta penjelasan mengenai program talkshow dan deskripsi mengenai remaja sebagai objek yang diteliti. Survey dilakukan melalui kuesioner dengan responden siswa-siswi kelas 3 SMU khususnya SMU N 3 Depok - Jawa Barat dengan teknik penarikan sample adalah teknik sample purposive atau di sebut juga judgmental sampling. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Secara keseluruhan efek kognitif yang ditimbulkan tayangan talkshow Empat Mata di TRANS 7 terhadap pelajar kelas III SMUN 3 Depok sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan 68% responden menyatakan pengetahuannya bertambah. Untuk terapan efek afektif diketahui bahwa tayangan talkshow Empat Mata mampu menggugah emosi dan sikap responden karena mayoritas responden menikmati setiap episode Empat Mata yang disaksikannya. Dan untuk efek konatif dapat disimpulkan bahwa tayangan talkshow Empat Mata dapat merubah prilaku dan kebiasaan hidup responden. Hal ini terlihat dari 48% responden yang merasa terinspirasi dari tayangan talkshow Empat Mata, 53% responden tertarik untuk menirukan gaya Tukul Arwana, dan 58% responden tertarik mengikuti istilah-istilah Tukul Arwana.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 039
Call Number: SK/09/155
NIM/NIDN Creators: 4410411-023
Uncontrolled Keywords: Efek Kognitif, afektif, kognitif, tayangan talk show, empat mata, trans7
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 17 Nov 2008 15:04
Last Modified: 04 Jun 2017 04:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27804

Actions (login required)

View Item View Item