Mekanisme redaksi liputan 6 dlm memproduksi berita yang layak tayang (Pd program liputan 6 petang SCTV Periode Januari 2008)

Maftuhin, Andik (2008) Mekanisme redaksi liputan 6 dlm memproduksi berita yang layak tayang (Pd program liputan 6 petang SCTV Periode Januari 2008). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Bahwa stasiun televisi saat ini saling bersaing untuk menyiarkan berita-berita yang terkini dan dapat dipercaya kebenarannya. Maka diperlukan kemampuan ekstra redaksi suatu stasiun televisi untuk melihat, menyeleksi dan menafsirkan suatu isu atau peristiwa untuk dijadikan suatu berita, karena tidak setiap isu dan peristiwa bisa diangkat menjadi suatu berita.Liputan 6 Petang adalah salah satu program berita televisi yang popular di Indonesia dan yang masih mempertahankan komitmennya sebagai stasiun berita yang menayangkan beritaberita yang aktual (baru) dan tidak menanyangkan berita-berita basi atau no up to date, acara ini ditayangkan di SCTV setiap hari, dan menjadi program berita yang diunggulkan. Dengan berita-beritanya yang berani dan aktual, Liputan 6 Petang terus berusaha untuk menjadi program berita yang Aktual, Tajam, dan Terpercaya tentunya hal ini sangat sesuai dengan slogan yang hingga kini masih digunakan. Maka perumusan masalah untuk penelitian ini adalah bagaimana strategi redaksi Liputan 6 SCTV dalam menentukan suatu berita yang layak diangkat dan tayang dalam program Liputan 6 Petang periode Januari 2008. Adapun penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi redaksi Liputan 6 dalam menentukan suatu berita yang layak tayang dalam program berita Liputan 6 Petang di SCTV. Adapun kerangka pemikiran yang digunakan adalah pengertian komunikasi, komunikasi massa, televisi sebagai media komunikasi massa elektronik, berita, teori agenda setting, gate keeping selektif, strategi dan perencanaan redaksi, manajemen dan organisasi penyiaran, proses produksi berita televise Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus yaitu salah satu metode atau alat penelitian yang digunakan dalam ilmu-ilmu sosial. Fokus penelitian ini ditujukan pada redaksi Liputan 6 SCTV dan program berita Liputan 6 Petang yaitu perencanaan program, berapa banyak berita yang disajikan setiap harinya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan informasi, planning on air, dan tahapan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi redaksi pemberitaan SCTV dalam menentukan berita yang layak tayang, menitik beratkan kebijakan redaksi terhadap program berita termasuk pada program Liputan 6 Petang secara umum ada enam poin yaitu : tidak menimbulkan kontraversi, bertanggung jawab, valid (data sebenarnya), tidak menimbulka sara, aktual, dan menarik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 113
Call Number: SK/09/138
NIM/NIDN Creators: 04103-091
Uncontrolled Keywords: redaksi liputan 6, memproduksi berita, SCTV
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Nov 2008 09:45
Last Modified: 05 Jun 2017 06:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27788

Actions (login required)

View Item View Item