Chandrawita, Nadia (2008) Opini publik pada kualitas pelayanan badan layanan umum daerah transjakarta - busway di Jakarta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (0B) |
Abstract
ABSTRAKSI Masalah lalu lintas di Jakarta seperti benang kusut yang menimbulkan berjuta permasalahan. Berawal dari kesalahan kebijakan dalam membangun sistem transportasi kota, berbagai masalah di sektor ini terus bermunculan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan upaya pembenahan sistem transportasi di Jakarta secara menyeluruh. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mereformasi sistem angkutan umum dengan menyediakan transportasi massal dalam hal ini yaitu busway. Sesuai dengan salah satu misi Badan Layanan Umum Transjakarta – Busway ini yaitu melalui transportasi yang baik, akan menumbuhkan budaya disiplin. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Badan Layanan Umum Transjakarta sehingga masyarakat pengguna akan makin merasakan manfaatnya. Berdasarkan rumusan masalah pokok yang akan dikaji tentang Opini masyarakat terhadap kualitas pelayanan Badan Layanan Umum Transjakarta yang diberikan kepada publik, maka landasan teori dalam skripsi ini antara lain : komunikasi organisasi, public relations, opini publik dan kualitas pelayanan. Tipe penelitian ini adalah deskriptif. Metode penelitian adalah survey sedangkan populasi berjumlah 76.743 diambil sample 100 dengan perhitungan rumus Slovin. Hasil dari penelitian ini adalah 3,30 menunjukan opini publik terhadap kualitas pelayanan yang sudah diberikan oleh pihak BLU Transjakarta, baik dari Tangibles, reliability,responsiveness, Assurance, dan Empathy adalah netral. Dengan demikian Humas BLU Transjakarta masih belum dapat menyampaikan pesan perusahaan dengan maksimal sesuai yang diharapkan pihak eksternal dalam hal ini pengguna busway maupun oleh perusahaan. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah bahwa BLU Transjakarta selama ini telah mendapat opini netral, adapun saran penulis yaitu pihak BLU Transjakarta harus dapat memperhatikan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada publiknya, agar apa yang diharapkan bersama dapat terwujud kedepannya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/HM. 08 111 |
Call Number: | SK/09/136 |
NIM/NIDN Creators: | 44206110068 |
Uncontrolled Keywords: | Opini publik, kualitas pelayanan badan layanan umum daerah, transjakarta |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Admin Perpus UMB |
Date Deposited: | 14 Nov 2008 09:38 |
Last Modified: | 04 Jun 2017 04:24 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27786 |
Actions (login required)
View Item |