Strategi government relations perusahaan umum (Perum) LKBN antara dalam upaya membina hubungan baik dengan pemerintah

Buchori, Ahmad (2008) Strategi government relations perusahaan umum (Perum) LKBN antara dalam upaya membina hubungan baik dengan pemerintah. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Bab 1)
Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text (Bab 3)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB)
[img] Text (Daftar Pustaka dan Lampiran)
Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48MB)

Abstract

ABSTRAKSI Strategi Government Relations Perusahaan Umum (Perum) Lkbn Antara Dalam Upaya Membina Hubungan Baik Dengan Pemerintah i-xi + 75 halaman; 8 lampiran Bibliografi 25 buku (1984-2007) Dalam lingkungan yang berubah yang antara lain ditandai dengan diberlakukannya Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Per$s, hasil penelitian dua konsultan yang ditunjuk oleh Perum LKBN Antara dan sebuah laporan riset pemasaran produk murni, menunjukkan bahwa Antara kalah bersaing dalam bisnis informasi. Antara sudah mulai ditinggalkan pelanggannya. Meski sejumlah media cetak dan elektronika masih menjadi pelanggan Antara, tapi tingkat kutipan mereka atas produk Antara rendah atau mereka hanya memanfaatkan produk Antara sebagai pembanding. Sektor keuangan perusahaan pun memburuk karena selain pendapatan berkurang, bantuan dana pemerintah pun makin berkurang. Dalam Public Relations (PR) melekat dua aspek yang hakiki, yang mutlak harus ada. Kedua aspek itu adalah sasaran PR yakni publik internal dan publik eksternal. Government Relations termasuk dalam kelompok publik eksternal. Hubungan dengan pemerintah ini memiliki tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hubungan serta menumbuhkan sikap positif.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif yang bersifat kualitatif dengan menggunakan teknik indepth interview atau wawancara berkedalaman dengan bantuan guide interview untuk mendapatkan jawaban-jawaban dari pertanyaan yang tertuang dalam masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan analisa data triangulasi, di mana peneliti menggunakan berbagai teknik pengumpulan data dari berbagai sumber, baik berupa orang maupun waktu dan tempat yang berbeda. Dari hasil penelitian yang dilakukan diketahui bahwa dalam menyusun strategi PR dalam kegiatan government relations, pimpinan Perum LKBN Antara melaksanakannya sesuai dengan mekanisme manajemen proses PR yakni dengan menetapkan permasalahan, menetapkan perencanaan dan melaksanakan program aksi dan komunikasi, meski masih ada beberapa kekurangan yang ditemukan.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 177
Call Number: SK/09/131
NIM: 4420411-083
Uncontrolled Keywords: Strategi government relations, perusahaan umum (Perum) LKBN antara, membina hubungan baik dengan pem
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Nov 2008 09:01
Last Modified: 04 Jun 2017 04:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27781

Actions (login required)

View Item View Item