Proses kreatif iklan simpati ekstra versi mertua di televisi swasta

Meiliza, Elva (2008) Proses kreatif iklan simpati ekstra versi mertua di televisi swasta. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI ELVA MEILIZA (0430311-057) Proses Kreatif Iklan simPATI Ekstra Versi Mertua Di Televisi Swasta (x+70Halaman+4Lampiran+24Bibliografi (1991-2007) Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan iklan operator seluler saat ini yang sangat ketat, masing-masing operator seluler menawarkan produk melalui media-media baik televisi, radio dan media cetak untuk menarik perhatian khalayak. Selain itu, iklan melalui media televisi menjadikan jangkauan penyiaran lebih luas dan membuat karakter menjadi lebih hidup. Fenomena persaingan iklan operator ini menjadi sangat menarik untuk diteliti, tentunya tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui tahapan-tahapan proses kreatif iklan simPATI Ekstra versi mertua di televisi swasta. Konsep-konsep yang mendasari penelitian ini, mengacu pada teori periklanan, copywriting dan tahap-tahap proses berpikir kreatif yang meliputi, keterlibatan diri (immersion), proses inkubasi (incubation), iluminasi dan verifikasi, yang dikemukakan oleh James Webb Young. Menjadi suatu landasan kerangka teori dalam membahas penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian ini menggunakan studi kasus berupa pengamatan lapangan serta wawancara mendalam dengan creative director dan copywriter JWT AdForce. Penelitian ini di maksudkan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan kasus penelitian, data kasus terdiri dari semua informasi yang dimiliki tentang proses kreatif iklan simPATI Ekstra, termasuk semua data wawancara, data pengamatan lapangan dan rekaman. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa tahapan-tahapan proses kreatif sebuah iklan televisi di biro iklan JWT AdForce khususnya pada iklan simPATI Ekstra versi mertua di televisi swasta. Proses kreatif yang mendasari terciptanya iklan simPATI Ekstra versi mertua di televisi swasta ini berawal dari creative brief yang diberikan klien, brainstorming, shooting, approved by client dan penyiaran iklan di televisi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 035
Call Number: SK/09/130
NIM/NIDN Creators: 0430311-057
Uncontrolled Keywords: Proses kreatif, iklan simpati ekstra, versi mertua, televisi swasta
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Nov 2008 15:24
Last Modified: 05 Jun 2017 05:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27780

Actions (login required)

View Item View Item