Persepsi khalayak thd sosok perempuan dlm iklan ponds white beauty detox di televisi (Survey pada warga di kompleks masnaga Pulogebang)

Apriadi, Ichwan (2008) Persepsi khalayak thd sosok perempuan dlm iklan ponds white beauty detox di televisi (Survey pada warga di kompleks masnaga Pulogebang). S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK ICHWAN APRIADI 44310412-001 Persepsi Khalayak Terhadap Sosok Perempuan Dalam Iklan Pond’s White Beauty Detox Di Televisi (Survey Pada Warga Di Komplek Masnaga Pulogebang) 67 halaman + 49 buku + 7 jurnal + 1 media massa + 1 tesis + lain-lainnya (1991 – 2007) Latar belakang dan tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi khalayak terhadap sosok perempuan dalam iklan Pond’s White Beauty Detox di televisi. Suatu realita yang berlaku di masyarakat, menunjuk pada suatu keadaan dimana tampilan audio video telah membantu merangkai kehidupan sehari-hari, membentuk opini politik dan perilaku sosial bahkan memberi suplai materi untuk identitas seseorang. Persepsi khalayak terhadap endorser dalam iklan Pond’s dengan persepsi khalayak mengenai sosok perempuan ideal dalam realitas kehidupan keseharian setelah menonton iklan Pond’s. Penelitian ini berdasarkan pada konsep tentang persepsi dari Fisher, yaitu persepsi adalah inti dari komunikasi, sedangkan intepretasi adalah inti persepsi yang identik dengan penyandian balik (decoding) dalam proses komunikasi. Periklanan dalam proses komunikasi berfungsi sebagai media yang menjembatani interaksi antara produsen dan konsumen. Melalui iklan, kelompok-kelompok pemasar komoditas menginterpretasikan dan mensosialisasikan nilai guna dari suatu komoditas dan memproyeksikannya ke dalam lingkup pasar global. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner yang diisi oleh 61 responden yang bertempat tinggal di komplek Masnaga Pulogebang. Persepsi dalam penelitian ini akan dinilai dari seberapa besar atensi atau perhatian dari penonton terhadap iklan Pond’s tersebut sehingga dari besar kecilnya atensi dapat terbentuk persepsi.Teknik analisa data dengan cara menghimpun data dan menyusunnya secara sistematis, cermat dan dipelajari dan dianalisa secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebanyak 82% responden yang telah mengisi kuesioner menilai negatif sosok endorser dalam iklan Pond’s White Beauty Detox. Artinya sebagian besar khalayak cenderung tidak setuju dengan pandangan bahwa perempuan cantik dan ideal harus seperti endorser dalam iklan Pond’s White Beauty Detox.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/HM. 08 041
Call Number: SK/09/126
NIM/NIDN Creators: 4430412-001
Uncontrolled Keywords: Persepsi khalayak, sosok perempuan, iklan, ponds white beauty detox, televisi, Survey pada warga
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 13 Nov 2008 15:09
Last Modified: 04 Jun 2017 04:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27776

Actions (login required)

View Item View Item