Kecenderungan strategi kreatif dlm iklan provider internet di halaman depan situsdetikcom periode februari 2006

Kusnandar, Nanang (2008) Kecenderungan strategi kreatif dlm iklan provider internet di halaman depan situsdetikcom periode februari 2006. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)

Abstract

Nanang Kusnandar 4430411-004 Kecenderungan Strategi Kreatif dalam Iklan Provider Internet di Halaman depan Situs Detikcom Periode Februari 2006 x + 61 halaman; 7 tabel + 13 lampiran Bibliografi: 23 buku (1981 – 2007), website Detikcom merupakan media online yang populer di Indonesia. Detikcom telah menjadi salah satu media iklan yang signifikan sehingga banyak perusahaan yang memasang iklan diantaranya yaitu iklan-iklan provider internet. Untuk menarik perhatian pengunjung Detikcom agar membaca iklan-iklan tersebut diperlukan strategi kreatif. Melihat kenyataan tersebut, penulis menjadi tertarik untuk mengetahui bagaimana kecenderungan strategi kreatif dalam iklan provider internet di halaman depan situs Detikcom periode Februari 2006. Penelitian ini meneliti kecenderungan strategi kreatif dijelaskan berdasarkan unsur copywriting, visual serta daya tarik pesan. Unsur copywriting dari segi headline mengacu pada pemikiran Coutland L. Bovee dan William F. Arens. Ilustrasi mengacu pada pemikiran Jerome Jewler. Pengertian daya tarik iklan mengacu pada pengertian Sandra E. Moriarty. Strategi kreatif mengacu pada pendapat Jerome Jewler Sedangkan pendekatan strategi kreatif mengacu pada M. Suyanto. Sifat penelitian yang digunakan penulis adalah deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi. Hasil Penelitian yang diperoleh adalah iklan yang diteliti kebanyakan menggunakan Directive Headline sebesar 42,85 %. Sedangkan dari hasil penelitian menggunakan subheadline iklan yang diteliti ternyata banyak yang tidak menggunakan subheadline yaitu sebesar 14,28 %. Straight-line copy banyak digunakan pada bodycopy dengan persentase sebesar 71,42%. Illustrasi lebih banyak menggunakan show the product sebesar 85,71%. Teknik pembuatan ilustrasi cenderung menggunakan teknik lukisan dengan persentase sebesar 71,42 %. Daya tarik pesan banyak yang menggunakan daya tarik rasional dengan persentase sebesar 71,42 %. Kecenderungan Strategi kreatif iklan-iklan provider internet di halaman depan situs detikcom periode Februari 2006 cenderung menggunakan pendekatan strategi Unique Selling Proposition. Hal ini dikarenakan perusahaan provider internet harus menawarkan keunggulan dari produk yang mereka jual yang lebih menguntungkan dari produk sejenis yang ditawarkan oleh provider lainnya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/IKL. 08 006
Call Number: SK/08/23 KUS k
NIM/NIDN Creators: 4430411-004
Uncontrolled Keywords: STRATEGI
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Apr 2008 14:47
Last Modified: 04 Jun 2017 04:21
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27723

Actions (login required)

View Item View Item