Opini wartawan harian umum berita kota terhadap pelaksanaan nilai-nilai etika yang terkandung dalam kode etik jurnalistik organisasi wartawan indonesia

Ibrahim, Rosa Adang (2008) Opini wartawan harian umum berita kota terhadap pelaksanaan nilai-nilai etika yang terkandung dalam kode etik jurnalistik organisasi wartawan indonesia. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAKSI Kode etik jurnalistik merupakan tatanan moral yang dibuat sendiri oleh kelompok profesi tertentu khusus bagi anggotanya. Tatanan tersebut mengikat intern anggotanya, karena didalamnya ada larangan-larangan moral profesi. Pelanggaran atasnya, akan dikenai sanksi organisasi profesi tersebut setelah melalui persidangan yang diadakan khusus untuk itu. Perlunya kode etik untuk mengatur pemberitaan yang ada, agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan dan disudutkan dengan pemberitaan tersebut. Karena pemberitaan ini membawa dampak yang sangat besar kekhalayak luas. Maka perlunya kode etik jurnalistik sebagai pedoman para wartawan Indonesia dalam menjalankan profesi jurnalistik dalam mencari informasi berita untuk mengatur setiap kebebasan yang telah diberikan agar dapat digunakan sebagai mestinya dan tidak merugikan kepentingan umum. Pokok permasalahan dalam penelitian ini bagaimana Opini wartawan harian berita kota terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam kode etik jurnalistik organisasi wartawan indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui opini wartawan harian berita Kota terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam kode etik jurnalistik organisasi wartawan indonesia. Opini adalah upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegas asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian yang bersifat deskritif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dimana penulis mengumpulkan informasi dari responden dengan menyebarkan kuesioner kepada 56 responden yaitu wartawan harian umum berita kota. Responden dipilih secara purposif. Data diperoleh dari responden tersebut diolah secara manual dan dianalisi secara deskritif. Hasil penelitian menunjukan opini wartawan harian berita kota terhadap nilainilai yang terkandung dalam kode etik jurnalistik menunjukkan Opini positif dengan presentase 94%. Jadi dapat disimpulkan Melalui hasil penelitian yang diperoleh, akhirnya diketahui bahwa wartawan harian umum berita kota memahami dan mengerti tentang nilai-nilai yang terkandung dalam Kode etik jurnalistik.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/JR. 08 016
Call Number: SK/08/008 ROS o
NIM/NIDN Creators: 04101-058
Uncontrolled Keywords: OPINI WARTAWAN
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Admin Perpus UMB
Date Deposited: 14 Apr 2008 10:38
Last Modified: 05 Jun 2017 04:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/27718

Actions (login required)

View Item View Item